SMK Negeri 6 Semarang Gelar Recycled Waste On The Street

Rabu, 24 Januari 2024, SMK Negeri 6 Semarang menggelar acara peringatan hari ulang tahun yang ke-51. Kegiatan ini dilaksanakan sekaligus gelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang mengusung tema “Kebekerjaan dan Gaya Hidup Berkelanjutan”. Acara dihadiri oleh Kepala Sekolah, Dra. Almiati, M.SI Pengawas Pembina SMK, Drs. Pandoyo Edi Hartomo, M.Pd. dan pengurus komite SMK Negeri 6 Semarang.

Tema kebekerjaan merupakan tema wajib yang harus diikuti oleh siswa SMK. Merupakan tema wajib karena  siswa SMK setelah lulus nanti harus siap bekerja sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. Kali ini tema kebekerjaan diberikan ke siswa kelas X dan siswa kelas XII. Untuk siswa kelas X mempunyai tujuan agar siswa memahami betul terkait program keahlian yang sudah dipilih saat ini, sehingga siswa bisa menentukan jenis pekerjaan apa yang bisa dilakukan setelah lulus nanti. Untuk siswa kelas XII tujuannya adalah agar siswa bisa menentukan pilihan kerja yang akan dijalani, apalagi mereka baru saja menyelesaikan praktik kerja lapangan selama enam bulan dan ada yang satu tahun untuk kelas industri.

Sedangkan kelas XI mengusung tema gaya hidup berkelanjutan. Kegiatan yang dilaksanakan adalah memanfaatkan barang-barang bekas yang dibuat sedemikian rupa sehingga memiliki nilai estetik bahkan memiliki nilai jual. Kegiatan yang dilaksanakan selain pemanfaatan barang bekas juga melaksanakan operasi semut. Artinya siswa bergotong-royong dengan seluruh warga sekolah untuk membersihkan kebersihan area sekolah. Selain membersihkan, siswa juga menghias taman-taman yang ada di sekolah dengan menggunakan barang-barang bekas.

Untuk pemanfaatan barang bekas lainnya, siswa melaksanakan projek berupa pembuatan gaun dari barang-barang bekas. Gaun yang dibuat masing-masing kelas XI diperagakan pada saat peringatan hari ulang tahun SMK Negeri 6 Semarang yang ke-51. Selain itu siswa juga memperagakan gaun daur ulang di jalan raya. Kegiatan tersebut mengangkat tema Recycled Waste On The Street. Peragaan dilaksanakan di traffic light Jl. Dr. Cipto dekat dengan area sekolah. Siswa melaksanakan peragaan dengan memanfaatkan lampu merah dengan tujuan agar dilihat orang banyak, bahwa dari barang bekas dengan daur ulang sehingga menjadi barang yang cukup bagus untuk dilihat.

Penulis : Tim Humas SMK Negeri 6 Semarang.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.