SMKN 1 Kaliwungu Kunjungi SMK Saraswati Salatiga untuk Study Banding Teaching Factory

Kaliwungu, 30 Januari 2024 – SMK N 1 Kaliwungu, Kabupaten Semarang, melakukan kunjungan ke SMK Saraswati Salatiga, Kabupaten Semarang, pada Kamis 18 Januari 2024. Kunjungan ini bertujuan untuk belajar tentang teaching factory, terutama untuk jurusan Teknik Pemesinan.

Kunjungan ini diikuti oleh Bapak/Ibu guru dan Kepala Sekolah SMK N 1 Kaliwungu, Mereka diterima oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMK Saraswati, Bapak Sumiyanto, S.Pd., M.T., dan sekaligus kordinator  TEFA SMK Saraswati

Dalam kunjungan ini, guru SMK N 1 Kaliwungu diajak untuk berkeliling melihat fasilitas teaching factory SMK Saraswati Salatiga. Mereka juga diberi penjelasan tentang cara kerja teaching factory dan manfaatnya bagi siswa.

“Teaching factory adalah sebuah sistem pembelajaran yang mengintegrasikan antara teori dan praktik di dunia industri,” kata Bapak Sumiyanto, S,Pd, M.T. “Sistem ini sangat penting untuk membekali siswa dengan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja.”

SMK Saraswati Salatiga memiliki teaching factoryyang bekerjasama dengan D-Tech Enginering Salatiga. Teaching factory ini dilengkapi dengan berbagai mesin dan peralatan industri terbaru, serta bimbingan dari DuDI untuk tenaga pengajar yang berpengalaman.

“Kami sangat senang bisa belajar tentang teaching factory di SMK Saraswati Salatiga,” kata Kepala SMK N 1 Kaliwungu, Ibu Hery Ridawati, S.Pd, M.Pd. “Kami berharap bisa menerapkan sistem teaching factory ini di sekolah kami.”

Kunjungan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK N 1 Kaliwungu, terutama untuk jurusan teknik Pemesinan. Dengan penerapan sistem teaching factory, SMK dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap kerja. Hal ini akan menjadi kontribusi positif bagi dunia pendidikan dan dunia kerja.