Review dan Sosialisasi RKT/RKJM/RKAS SMA N 16 Semarang Tahun Anggaran 2024

Sebagai bagian dari upaya perencanaan dan pengelolaan sekolah yang efektif, SMA N 16 Semarang menyelenggarakan review Penetapan dan Sosialisasi RKT (Rencana Kerja Tahunan), RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah), dan RKAS (Rencana Kerja Anggaran Sekolah) untuk tahun anggaran 2024. Acara ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk Kepala Sekolah, Komite Sekolah, serta sejumlah 52 guru dan tenaga administrasi sekolah. Rapat berlangsung pada Hari Rabu, 31 Januari 2024, pukul 09.30 WIB, di Lab. Biologi SMA N 16 Semarang yang bertujuan untuk merumuskan langkah-langkah strategis, mengkomunikasikan visi dan misi sekolah, serta menyusun anggaran yang mendukung pencapaian tujuan pendidikan. Adapun visi SMA N 16 Semarang adalah “Mewujudkan sekolah yang membentuk pribadi profil pelajar pancasila yang berakhlak mulia, mandiri, kreatif, dan berwawasan lingkungan”. 

1. Kehadiran Para Pemangku Kepentingan

Acara  ini dihadiri oleh Kepala Sekolah, Sri Wahyuni, M.Pd., yang memberikan arahan dan visi kepemimpinannya terkait rencana dan program tahunan sekolah. Komite Sekolah yang diketuai oleh Bapak Mulyoko juga turut hadir untuk memberikan pandangan dan dukungan dalam proses pengambilan keputusan. Selain itu, kehadiran sejumlah 52 guru dan tenaga administrasi sekolah menjadi bukti komitmen seluruh elemen sekolah dalam mengembangkan pendidikan yang berkualitas.

2. Sosialisasi Rencana Kerja Tahunan (RKT)

Sebagian besar waktu digunakan untuk sosialisasi RKT, di mana masing-masing departemen dan unit kerja sekolah menyajikan rencana kerja tahunan. Presentasi ini tidak hanya memberikan wawasan tentang program-program pendidikan yang akan dijalankan, tetapi juga memberikan kesempatan bagi seluruh pemangku kepentingan untuk memberikan masukan dan saran. Sosialisasi tersebut meliputi :

Pertama Kegiatan Pengembangan Bidang Kurikulum yaitu pengembangan standar isi, standar proses & standar sistem penilaian pada bidang Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan berupa : 1) Kegiatan Workshop Review KTSP KOSP Tahun 2024, 2) Kegiatan Workshop Penyusunan Soal Apilkasi Berbasis Literasi & Numeratif, 3) Kegiatan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru tentang Metode/Strategi/Media Pembelajaran Semua Mapel, 4) Kegiatan Supervisi Pembelajaran Semua Mapel & Tindak Lanjut, 5) Kegiatan Workshop Kapabilitas Guru & Tenaga Kependidikan. Kegiatan Pengembangan Pembelajaran Siswa berupa: 1) Kegiatan Pembelajaran Berbasis Proyek (P5), 2) Kegiatan Fasilitasi Lomba OSN dan kegiatan Evaluasi Pembelajaran & Assemen berupa: 1) Kegiatan Ulangan Akhir Semester, 2) Kegiatan Ulangan Kenaikan Kelas, 3) Kegiatan Assesment Nasional. 

Kedua Kegiatan Pengembangan Bidang Kesiswaan berupa pengembangan standar proses: 1) Kegiatan Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), 2) Kegiatan Masa Orientasi Siswa Baru (MPLS), 3) Kegiatan Ekstrakurikuler, terdapat 18 Ekstrakulikuler (Ekstra Pramuka, Ekstra Karawitan, Ekstra Seni Tari, Ekstra Pranatacara, Ekstra Pencaksilat, Ekstra Futsal, Ekstra Volley, dll.).

Ketigan Kegiatan Pengembangan Bidang Humas berupa pengembangan standar pengelolaan : 1) Kegiatan Rapat Sosialisasi Program Sekolah, 2) Kegiatan Penetapan dan Sosialisasi RKT/RKJM/RKAS, 3) Kegiatan MUSRENBANG Komite & Dewan Guru, 4) Kegiatan Rapat Dinas, 5) Kegiatan Program Kerja Kepala Sekolah, 6) Kegiatan Penilaian Kepala Sekolah (PPKKS), 7) Kegiatan Rapat Komite Sekolah, 8. Kegiatan Kampus Expo. 

Keempat kegiatan Pengembangan bidang sarpras yang mengelola pengadaan peralatan sekolah di luar komponen alat multimedia (pembelian mic, mesin pompa air, almari arsip, papan whiteboard kelas, ac untuk lab. komputer, kipas angin, dll.), pemeliharaan peralatan sekolah (pemeliharaan audio kelas. audio Lab, perbaikan printer, mesin riso, mesin fotocopy, jaringan CCTV, laptop, LCD proyektor kelas, pemeliharaan rutin AC), pengadaan perlengkapan sekolah (pembelian mouse keyboard, umbul2, banner hari-hari penting, APAR laboratorium, pemenuhan kebutuhan dan pemeliharaan instalasi listrik & air (pemeliharaan tandon air. pemeliharaan instalasi listrik, pemasangan pompa air. pemenuhan kebutuhan alat/bahan listrik), pengadaan seragam laboratorium, pengadaan kostum / pakain tari, penyediaan alat multimedia pembelajaran (Pengadaan Pembelian Personal Komputer, Pengadaan Pembelian Laptop dan Pembelian Printer).

3. Agenda Review RKT/RKJM/RKAS:

Fokus acara ini pada review RKT/RKJM/RKAS sebagai panduan utama dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan di SMA N 16 Semarang. Review melibatkan diskusi antara para guru, Kepala Sekolah, dan Komite Sekolah untuk memastikan bahwa rencana yang diusulkan mencerminkan visi dan misi sekolah serta memenuhi kebutuhan siswa.

4. Keterlibatan Komite Sekolah:

Peran Komite Sekolah sangat penting dalam menjaga transparansi dan akuntabilitas. Bapak Mulyoko, sebagai ketua Komite Sekolah, memberikan arahan dan pandangan yang mendukung perencanaan sekolah. Keterlibatan aktif komite sekolah juga memastikan bahwa kebijakan yang diambil mendapatkan persetujuan dan dukungan dari semua pihak.

5. Fokus pada Kualitas Pendidikan:

Rapat Pleno ini menekankan pentingnya meningkatkan kualitas pendidikan di SMA N 16 Semarang. Dengan merinci RKT/RKJM/RKAS, sekolah bertujuan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang stimulatif dan memberikan dukungan penuh terhadap potensi siswa.

Kesimpulan:

Review dan Sosialisasi RKT/RKJM/RKAS Tahun Anggaran 2024 di SMA N 16 Semarang berhasil menciptakan momentum kolaboratif dan sinergi di antara seluruh pemangku kepentingan. Dengan melibatkan Kepala Sekolah, Komite Sekolah, guru, dan tenaga administrasi yang siap menjalankan rencana pendidikan secara terarah dan memberikan dampak positif bagi perkembangan siswa dan sekolah. 

Penulis : Sajaya, S.Pd., Gr. Guru Biologi SMAN 16 Semarang.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.