Berani Merantau, Pesan Alumni SMKN 10 Semarang yang Sukses di Bali

Semarang – Kendra Jiwata, Branch Manager Tjokro Bersaudara Bali, mengajak siswa dan siswi SMKN 10 Semarang untuk berani merantau dan mencari peluang di luar kota. Kendra merupakan alumni Teknik Pemesinan Kapal SMKN 10 Semarang angkatan 2013 yang kini sukses berkarier di perusahaan PT Tjokro Bersaudara. Perusahaan ini bergerak di bidang jasa fabrikasi dan machining yang terbesar dan sudah berpengalaman di Indonesia. 

Kendra melakukan kunjungan ke SMKN 10 Semarang pada Senin, 12 Februari 2024. Kunjungan ini bertujuan untuk melaksanakan pencarian calon welder (juru las) dan operator mesin bubut untuk regenerasi di PT Tjokro Bersaudara Bali. Selain itu, kunjungan ini juga menjadi ajang silaturahmi dan motivasi bagi siswa dan siswi SMKN 10 Semarang.

Kegiatan yang dilakukan oleh Kendra adalah wawancara dan peninjauan fasilitas peralatan mesin las di Jurusan Teknik Pengelasan SMKN 10 Semarang. Kendra mengaku terkesan dengan perkembangan dan kemajuan yang telah dicapai oleh sekolahnya. Ia berharap jurusan Teknik Pengelasan SMKN 10 Semarang dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan berkualitas di bidang juru las, sehingga dapat diterima oleh dunia industri.

“Jangan takut untuk merantau dan mencari pengalaman di luar kota. Banyak peluang dan tantangan yang bisa kalian temukan di sana. Jangan hanya berkecimpung di Semarang saja. Kalian harus berani mengembangkan diri dan potensi kalian. Saya yakin kalian bisa sukses seperti saya,” pesan Kendra kepada siswa dan siswi SMKN 10 Semarang.

Kendra menambahkan bahwa PT Tjokro Bersaudara Bali merupakan salah satu perusahaan yang memberikan kesempatan dan fasilitas yang baik bagi para juru las dan operator mesin bubut. Ia mengatakan bahwa perusahaan tersebut memiliki visi dan misi yang sejalan dengan program Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh pemerintah. Ia berharap ada siswa dan siswi SMKN 10 Semarang yang tertarik untuk bergabung dengan perusahaan tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi kerjasama yang telah terjalin dengan SMKN 10 Semarang. Kami berharap ada banyak siswa dan siswi yang mau bergabung dengan kami. Kami siap memberikan pelatihan, sertifikasi, dan bantuan lainnya bagi mereka,” ujar Kendra.

Sementara itu, Kepala SMKN 10 Semarang, Ardan Sirodjuddin, M.Pd mengucapkan terima kasih kepada Kendra  atas kunjungan dan kerjasama yang telah dilakukan. Ia mengatakan bahwa kunjungan dan kerjasama ini merupakan bentuk dukungan dan apresiasi bagi sekolahnya. Ia juga mengatakan bahwa kunjungan dan kerjasama ini merupakan inspirasi dan motivasi bagi siswa dan siswi SMKN 10 Semarang.

“Kami sangat senang dan bangga dengan prestasi yang telah diraih oleh Kendra sebagai alumni kami. Kami juga sangat berterima kasih atas kesempatan  yang diberikan oleh PT Tjokro Bersaudara Bali kepada sekolah kami. Kami berharap kunjungan dan kerjasama ini dapat berlanjut dan memberikan dampak positif bagi pendidikan di Indonesia,” kata Ardan.

Penulis : Muhammad Yunan Setyawan, M.Pd, Guru Pengelasan SMKN 10 Semarang