Sosialisasi dan Rekrutmen Tenaga Kerja PT Ungaran Sari Garment (USG) di SMK Negeri 1 Tuntang

SMK Negeri 1 Tuntang mengadakan kerja sama dengan PT Ungaran Sari Garment dalam program Sosialisasi dan Rekrutmen Tenaga Kerja. Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa, 6 Februari 2024 ini   bertempat di ruang RPS SMK Negeri 1 Tuntang dan diikuti oleh siswa-siswi kelas XII TKJ 1, XII TKJ 2, dan XII Tata Busana yang berjumlah 90 siswa.

Kegiatan diawali dengan pemaparan materi oleh perwakilan dari PT Ungaran Sari Garment, Bapak Iqbal Rizky selaku staf HRD. Dalam pemaparannya, beliau memaparkan profil perusahaan, persyaratan rekrutmen, dan tahapan rekrutmen.

Setelah pemaparan materi, peserta diberikan kesempatan untuk bertanya. Pertanyaan pertama disampaikan oleh peserta atas nama Baihaki Tumenggung siswa kelas XII TKJ 2, menanyakan tentang suka duka bekerja di pabrik garment. Setelah itu pertanyaan kedua dilontarkan oleh Nabilla Rezkyana siswi kelas XII Tata Busana yang menanyakan apakah cuti melahirkan akankah digaji secara penuh. Dan pertanyaan terakhir ditanyakan oleh Nabila Fairuz dari kelas XII TKJ 2 tentang usia produktif untuk bekerja di garment.

Kegiatan dilanjutkan dengan rekrutmen, siswa-siswi yang berminat bekerja di PT Ungaran Sari Garment melaksanakan seleksi. Siswa terlebih dahulu mengisi data kemudian dilanjutkan dengan interview bersama Bapak Iqbal Rizky. Siswa yang lolos interview akan diumumkan dalam beberapa waktu kedepan dan akan melalui tahap medical check up / tes kesehatan.

Kegiatan sosialisasi dan rekrutmen tenaga kerja ini diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan wawasan baru bagi para siswa-siswi kelas XII SMK Negeri 1 Tuntang.

“Kegiatan ini sangat bagus dan bermanfaat, saya sebagai siswa kelas XII diberi kesempatan lebih cepat dalam mendapatkan pekerjaan dan termotivasi untuk terus belajar dan mengembangkan diri.” Ujar Amanda Amelia Putri, siswi kelas XII Tata Busana.

Penulis : Riska Alviani, S.Pd , Ketua BKK SMK Negeri 1 Tuntang.

Editor: Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.