Kunjungan Siswa SMKN 10 Semarang ke Book Fair di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah

Semarang – Jum’at, 23 Februari 2024, sejumlah delapan siswa dari SMKN 10 Semarang beserta staf perpustakaan dan staf tata usaha melaksanakan kunjungan ke Book Fair yang diadakan di halaman Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Pukul 09.00 WIB berangkat dari SMKN 10 Semarang menuju Perpustakaan Daerah yang beralamt di Jl. Sriwijaya 29 A Semarang.

Setelah tiba di lokasi, para siswa memanfaatkan kesempatan untuk berbelanja buku di Book Fair yang dihelat di halaman Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Setelahnya, mereka diajak masuk ke dalam gedung perpustakaan untuk mengunjungi beberapa ruangan, termasuk ruang referensi, ruang remaja dan dewasa. Seorang siswa juga membuat kartu anggota perpustakaan secara gratis di lantai 1 samping ruang anak.

Saat mengunjungi Book Fair, siswa-siswa tak hanya berbelanja buku, namun juga menunjukkan minat yang tinggi terhadap novel dan meluangkan waktu untuk melihat-lihat koleksi di ruang dewasa dan remaja. Mereka memanfaatkan sofa yang nyaman dan ruangan yang sejuk dengan membaca novel sejenak.

Kunjungan ini bertujuan untuk memenuhi undangan dari Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah serta meramaikan acara tersebut. Kegiatan ini merupakan pengalaman pertama bagi siswa sehingga siswa sangat antusias. Masing-masing siswa bahkan mendapatkan sebuah buku gratis dari penerbit Hasfa membuat mereka semakin senang.

Anni Rahayuningsih, S.Hum., tenaga perpustakaan SMKN 10 Semarang, berharap kegiatan ini dapat memberikan pengalaman berharga bagi siswa dan kunjungan ini dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap perpustakaan. Selain itu mendorong mereka untuk lebih sering mengunjungi dan memanfaatkan perpustakaan daerah, serta meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi mereka.

Berikut adalah beberapa pendapat dari siswa yang mengikuti kegiatan tersebut:

  1. Desyla Isma Nurlaela (X TPK 2): “Saya sangat senang bisa diajak bu Anni ke tempat pameran buku di perpustakaan provinsi Jawa Tengah. Saya bisa tahu tempat perpustakaan di daerah Semarang dan sangat senang bisa membaca di sana. Jadi saya bisa ke sana Bersama teman saya kalau ada waktu luang. Terima kasih bu Anni sudah mengajak saya.”
  2. Indah Cinthya Nurrizky (X RPL 3): “Kegiatannya tadi seru bu, saya yang notabene suka membaca melihat buku-buku murah sudah seperti surga dunia. Terima kasih karena sudah mengajak saya untuk berkunjung ke pameran buku hari ini. Kalau ada lagi, kabari ya bu, terima kasih.”
  3. Shyntha Andryana (X RPL 1): “Saya merasa puas dan senang karena sudah mendapatkan buku yang harganya 2x lipat lebih murah. Saya juga senang saat berkeliling di dalam Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Terima kasih bu Anni, kapan-kapan ajak lagi ya.”
  4. Rachma Choirotun Nisa (X RPL 1): “Sangat seru banget! Tempatnya nyaman banget buat baca, banyak buku untuk dibaca, dan saya ingin beli semua bukunya. Pengen lagi ke sana.”
  5. Maylani Helsya (X RPL 1): “Seru banget tadi, banyak buku bagus yang dijual murah di pameran termasuk buku-buku yang sesuai dengan genre saya. Pokoknya seru banget, harapannya akan diadakan lagi pamerannya.”
  6. Yasma Eka Ariyani (X TP 1): “Seru banget bu, harga novelnya juga lagi promo, sungguh menyenangkan apalagi saya yang pecinta novel. Surga novel sekali. Suka banget!”
  7. Syifa Qalbia Andi Amir (X RPL3): “Seru dan menyenangkan karena kita semua dapat membeli buku dengan harga jauh lebih murah dari harga aslinya, semoga lebih banyak kegiatan seperti ini lagi.”
  8. Anisa Tri Hanan (XI RPL 1): ” Menurut saya acara book fair ini sangat seru dan menambah wawasan. Pengunjung tidak hanya dapat membeli buku dan komik dengan harga murah tapi juga bisa eksplore lebih banyak ilmu pengetahuan di Perpustakaan Provinsi Jateng. Dengan adanya acara ini, saya lebih bisa akrab dengan perpustakaan-perpustakaan di Kota Semarang sekaligus menambah wawasan dari sebuah bacaan.”

Kunjungan ini tidak hanya menyenangkan tetapi juga memberikan dampak positif terhadap pengetahuan dan minat baca siswa. Harapannya, kegiatan semacam ini dapat terus diadakan untuk memotivasi siswa dalam menjelajahi dunia literasi.

Penulis: Anni Rahayuningsih, S.Hum (Tenaga Perpustakaan SMKN 10 Semarang)

Editor: Tim Humas SMKN 10 Semarang