SMKN 1 TUNTANG Gelar Pengajian dalam Rangka Menyambut Isra’ Mi’raj 1445 H

Selasa, 7 Februari 2024 SMK Negeri 1 Tuntang menggelar pengajian dalam rangka menyambut hari Isra’ Mi’raj 27 Rajab 1445H yang jatuh di hari Kamis, 8 Februari 2024. Kegiatan Pengajian bertempat di Lapangan SMK Negeri 1 Tuntang pukul 07.00 – 08.30 WIB. Pengajian ini diawali dengan sholat dhuha dan doa Bersama, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh siswa kelas XI TO 1 yaitu Dennis Arrijal. Pengajian diakhiri dengan mendengarkan kajian islam dari Bapak Muhammad Muslih, S.Pd. yang merupakan guru Pendidikan Agama Islam SMK Negeri 1 Tuntang.

Kajian Islam yang dipaparkan oleh Bapak Muslih memotivasi para siswa untuk selalu beriman dan bertakwa kepada Allah dengan selalu meneladani Nabi Muhammad SAW sebagaimana kisah Baginda yang telah melakukan perjalanan dari Masjidil Haram di Makkah menuju Masjidil al-Aqsha di Yerusalem dilanjutkan perjalanan menembus langit ketujuh pada malam hari. Dalam perjalan Baginda Nabi Muhammad SAW didampingi oleh Malaikat Jibril. Dalam perjalanannya menuju langit ketujuh Nabi Muhammad SAW menerima perintah Allah SWT untuk menjalankan shalat sebanyak 50 waktu dalam sehari. Namun, ketika Nabi Muhammad SAW turun, Nabi Musa meminta pengurangan jumlah shalat karena jumlah tersebut terlalu besar. Pada akhirnya, Nabi Muhammad SAW memohon keringanan kepada Allah SWT dan diperintahkannya shalat 5 waktu dalam sehari yang merupakan ibadah wajib bagi setiap umat Islam.

Hikmah yang didapatkan dari kajian Islam yang disampaikan adalah kita sebagai umat muslim wajib menegakkan shalat karena shalat adalah tiang agama. Apabila kita tidak mengerjakan shalat maka rubuhlah agama kita. Kita sebagai umat Muslim juga diwajibkan untuk belajar, baik belajar agama, maupun pengetahuan umum agar bahagia dunia dan akhirat.

Sementara itu, para siswa yang beragama Nasrani juga melaksanakan ibadat dengan dipimpin oleh Guru Pendidikan Agama Kristen yaitu Ibu Naumi Ambarwati, S.Th. 

Penulis : Nazillatur Rohmiyati, M.Pd. Waka Kesiswaan SMK Negeri 1 Tuntang.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.