Sosialisasi Bantuan Pemerintah untuk Persiapan Peserta Didik Magang di Luar Negeri

Jakarta – Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi akan mengadakan kegiatan Sosialisasi Bantuan Pemerintah untuk Persiapan Peserta Didik Magang di Luar Negeri pada hari Rabu, 28 Februari 2024. Kegiatan ini akan berlangsung secara daring.

Dalam sambutannya, Direktur SMK Kemendikbud Ristek, Dr. Wardani Sugiyanto, M.Pd, menekankan pentingnya bantuan yang diberikan oleh SMK Pusat Keunggulan (PK). Bantuan ini memberikan dampak yang sangat positif, terutama dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK. Ada beberapa hal yang menjadi fokus perhatian, yaitu:

Pertama kerjasama dengan Industri. SMK PK Lanjutan bekerja sama dengan industri untuk mengajukan SMK Pemadanan Dukungan. Industri juga turut andil dalam proses pembelajaran di sekolah, sehingga tercipta link and match antara dunia pendidikan dan dunia kerja.

Kedua Penguatan Bahasa Asing. Pada tahun 2024, direktorat akan melaksanakan program magang luar negeri. Program ini akan menyediakan fasilitas penguatan bahasa asing bagi peserta, termasuk ke negara-negara seperti Jepang, Korea, dan Jerman.

Narasumber dalam kegiatan daring ini  adalah Tri Haryani, PIC Tim Penjaminan Mutu Transformasi SMK Pusat Keunggulan. Menurut narasumber, berdasarkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor PER.08/MEN/V/2008, pemagangan di luar negeri adalah bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara utuh dan terpadu di Indonesia dan di luar negeri. Kegiatan ini melibatkan lembaga pelatihan kerja, perusahaan, atau instansi pemerintah, serta lembaga pendidikan.

Beberapa poin penting terkait pemagangan di luar negeri antara lain Program pemagangan di luar negeri memberikan kesempatan bagi peserta untuk memperluas wawasan, mengasah keterampilan, dan beradaptasi dengan lingkungan internasional, dan program ini memberikan manfaat bagi para peserta dan berkontribusi pada peningkatan kapabilitas tenaga kerja Indonesia.

Kepala SMKN 10 Semarang, Ardan Sirodjuddin, M.Pd, mengapresiasi program Persiapan Pemagangan ke Luar Negeri. SMKN 10 Semarang berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing siswa agar mereka dapat berkomunikasi dengan lancar saat magang di luar negeri. Selain itu, sekolah juga akan belajar dari pengalaman SMK yang telah sukses melaksanakan program magang siswa di luar negeri.

Program ini diharapkan dapat mengembangkan kapabilitas pendidik dan tenaga kependidikan serta mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi tantangan global di dunia kerja. Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan memberikan manfaat yang nyata bagi para siswa SMK di Indonesia.

Penulis : Andhika Wildan Krisnamurti, M.Pd, Tim Pokja PK SMKN 10 Semarang