Antusiasme Siswa SMAN 9 Semarang Dalam Mengikuti Asesmen Sumatif Akhir Jenjang

Semarang, 20 Maret 2024 – Asesmen Sumatif Akhir Jenjang bagi siswa-siswi kelas XII SMA Negeri 9 Semarang mulai dilaksanakan pada hari Senin, 4 Maret 2024. Asesmen Sumatif akhir jenjang dibagi menjadi dua bagian yaitu asesmen teori dan asesmen praktik. Asesmen teori dilaksanakan pada tanggal 4 – 7 Maret 2024 sedangkan Asesmen atau ujian praktik mulai dilaksanakan pada Senin 18 Maret 2024 sampai beberapa minggu kedepan. Ujian Praktik merupakan bagian penting dari rangkaian Asesmen Sumatif Akhir Jenjang yg diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta didik yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau memasuki dunia kerja.

Pelaksanaan ujian praktik tahun ini mencakup berbagai bidang studi seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jawa, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Ekonomi, dan Fisika. Selain itu, ada pula sesi khusus untuk praktik seni budaya dan olahraga yang menilai kemampuan siswa dalam aspek non-akademis. Pelaksanaan ujian praktik diikuti oleh seluruh kelas XII baik IPA maupun IPS.

Kepala Sekolah SMA N 9 Semarang, merasa puas dan bangga melihat keseriusan dan kedisiplinan siswa-siswi dalam mengikuti seluruh rangkaian asesmen Sumatif akhir jenjang baik teori maupun praktik ditengah bulan Ramadhan ini. Ini menunjukkan kualitas dan kesiapan mereka untuk melanjutkan ke tahap berikutnya dalam pendidikan atau karier peserta didik kedepannya.

Pihak sekolah telah melakukan persiapan matang jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan ujian praktik. Mulai dari membuat jadwal ujian praktik, pengecekan alat dan bahan praktik, koordinasi dengan guru mata pelajaran, hingga simulasi pelaksanaan untuk memastikan bahwa segala sesuatunya berjalan sesuai dengan rencana dan standar yang ditetapkan. Semangat dan keberhasilan dalam ujian praktik diharapkan dapat menjadi motivasi bagi mereka untuk meraih prestasi yang lebih tinggi lagi di masa depan.

Penulis: Heru Febrianto