Penghargaan dalam Bidang Literasi SMKN 10 Semarang: Membangun Budaya Literasi

Semarang, 04 Maret 2023 – SMKN 10 Semarang menggelar Penghargaan dalam Bidang Literasi, sebuah momentum penting untuk mewujudkan budaya literasi di lingkungan sekolah. Acara ini berlangsung pada saat upacara bendera di Lapangan Upacara SMKN 10 Semarang pada Senin, 04 Maret 2023, dengan pembina upacara Bapak Pradana dari BNN Provinsi Jawa Tengah.

Upacara dimulai dengan amanat dari pembina upacara, Bapak Pradana, yang secara khusus menyampaikan pesan mengenai bahaya narkoba. Setelahnya, dilakukan penyerahan piagam, SK, pin, buket alat tulis, dan uang pembinaan kepada 10 Guru dan 15 Siswa Duta Literasi, Bintang Pepustakaan, dan kelas teraktif dalam kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Anisa Tri Hanan, siswa dari kelas XI RPL 1 dinobatkan sebagai Bintang Pepustakaan, sedangkan XII RPL 1 sebagai kelas teraktif GLS menerima penghargaan langsung dari Bapak Pradana dan Bapak Kepala Sekolah.

Tujuan kegiatan ini untuk mewujudkan budaya literasi di lingkungan SMK Negeri 10 Semarang melalui pengembangan kompetensi literasi siswa. Memfasilitasi dan mewadahi semangat guru dan siswa dalam kegiatan literasi. Serta memberikan apresiasi kepada mereka yang aktif dalam kegiatan literasi di Perpustakaan SMK Negeri 10 Semarang.

Berikut daftar nama Guru Duta Literasi SMK Negeri 10 Semarang Tahun 2024: Bapak Andhen Priyono, S. Kom, M.Kom, Bapak Andhika Wildan Krisnamurti, S.Pd, Ibu Aprillia Dwi Asriani, S.Pd, Bapak Aris Guntoro, S.Sn, Bapak Dian Primayanto, S.Pd, Ibu Dra. Sami, Ibu Dra. Warni, Bapak Drs. Agus Subiyanto, M.Si, Bapak Suparman, S.Pd, dan Ibu Suparyati, S.Pd.

Berikut Daftar Siswa Duta Literasi SMK Negeri 10 Semarang Tahun 2024: Anisa Tri Hanan, Salsabilla Yulfa Putri, Puteri Zahra Auliya, Shalaisha Azalia Fedora, Nazza Rena Juliandita, Shyntha Andryana, Ivan Maulana, Alissia Sintawardani, Anggi Wahyu Sinuba Ratri, Nailah Helmi Bakhitoh Annur, Rosida Ana Tsunami, Rachma Choirotun Nisa, Kefi Fadlina, Saharani, dan Isma Rahmawati.

Ibu Anni Rahayunigsih, tenaga perpustakaan, berharap agar para guru dan siswa yang menerima penghargaan dapat menjalankan tugasnya sebagai duta literasi SMKN 10 Semarang. Tugas tersebut mencakup mengembangkan minat baca dan tulis pendidik dan siswa di SMK Negeri 10 Semarang, mengedukasi dan mengajak warga sekolah agar terlibat aktif dalam kegiatan literasi, memperkenalkan kegiatan literasi kepada masyarakat melalui karya literasi warga sekolah, mengikuti kegiatan literasi baik yang diselenggarakan oleh sekolah, pemerintah, maupun masyarakat, serta mendukung kegiatan perpustakaan SMKN 10 Semarang.

Dengan penghargaan ini, diharapkan semakin banyak pihak yang terlibat dalam mewujudkan budaya literasi yang kokoh dan berkelanjutan di SMK Negeri 10 Semarang.

Penulis: Anni Rahayuningsih, S.Hum

Editor: Tim Humas SMKN 10 Semarang