Pelaksanaan Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) SMALB

Penilaian sumatif merupakan salah satu cara untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran di sebuah jenjang pendidikan tertentu. Penilaian sumatif sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu penilaian sumatif akhir jenjang dan penilaian sumatif tengah semester. Penilaian sumatif akhir jenjang dilakukan pada akhir masa belajar suatu jenjang pendidikan. Pada saat itu, siswa akan diuji seberapa jauh pemahaman mereka terhadap seluruh materi yang telah dipelajari selama masa belajar. Sedangkan penilaian sumatif tengah semester dilakukan pada pertengahan masa belajar, yaitu setelah siswa telah menyelesaikan setengah bagian materi pembelajaran.

SLB Negeri Ungaran melaksanakan kegiatan Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) SMALB tahun pelajaran 2023-2024 mulai  Senin-Kamis  (22-25) April 2024. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas XII SMALB yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari siswa tunanetra, tunarungu, tunagrahita, dan autis. Adapun mata pelajaran yang diujikan dalam PSAJ tersebut meliputi Pendidikan Agama, PKn, Bahasa Indonesia, Seni Budaya, IPA, IPS, Matematika, dan Bahasa Inggris. 

PSAJ merupakan kegiatan  pengukuran ketercapaian kompetensi peserta didik terhadap standar kompetensi kelulusan untuk semua mata pelajaran di kurikulum merdeka yang diterapkan di SLB Negeri Ungaran. Selain itu, PSAJ ini digunakan sebagai salah satu pertimbangan dalam penentuan kelulusan dari satuan pendidikan, pemetaan mutu pendidikan sekolah yang dapat dilihat dari ketercapaian kompetensi, sertasebagai bahan pertanggungjawaban penyelenggara Pendidikan. Adapun pelaksanaan PSAJ di SLB Negeri Ungaran dilaksanakan secara tertulis bagi siswa yang mampu membaca dan menulis. Soal yang diberikan berupa soal pilihan ganda. Sedangkan, bagi siswa yang memiliki keterbatasan dalam membaca dan menulis, PSAJ diberikan melalui tes lisan dan unjuk kerja. Model pelaksanaan PSAJ di SLB Negeri Ungaran yang berbeda ini didasarkan pada kondisi disabilitas masing-masing siswa.  

Selama pelaksanaan PSAJ, siswa diharapkan fokus mengerjakan soal tersebut. Selain dukungan guru, diharapkan pula peran serta orang tua peserta didik  agar turut memberikan  motivasi dan pengawasan kepada para siswa selama pelaksanaan PSAJ. Dengan demikian, semoga pelaksanaan PSAJ dapat berjalan lancar dengan hasil yang baik.

Penulis : Ullip Utrofin, S. Pd. Guru SDLB SLB Negeri Ungaran.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.