SMKN 6 Semarang Jalin Kerja Sama Dengan Kadin

SMK 6 Semarang teken MoU dengan Kadin Semarang. Mengutip pemberitaan dari halosemarang.id dan smkn6smg.sch.id , Penandatanganan MoU dilakukan oleh Bapak Arnaz Agung Andrarasmara, SE, MM selaku Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Semarang dengan Ibu Almiati, M.Si selaku kepala sekolah SMK Negeri 6 Semarang pada tanggal 17 Februari 2021.

Dalam konsep pembelajaran siswa, SMKN 6 Semarang berusaha untuk “mengawinkan” pendidikan vokasi di sekolah dengan Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja (Iduka). Hal itu dimaksudkan untuk memutus kesenjangan antara dunia pendidikan dan dunia kerja, agar lulusan SMK Negeri 6 Semarang bisa langsung siap kerja setelah lulus dari sekolah. Termasuk juga memiliki semangat dan mental berwirausaha.
Dalam kesempatan itu disampaikan teknis kerjasama yang akan berjalan. Dimulai bulan Maret nanti, Kadin akan melakukan pendampingan terhadap siswa-siswi SMK melalui sebuah pertemuan atau pengajaran oleh praktisi dari Kadin Semarang kepada siswa. “Enam bulan ke depan siswa akan mendapatkan pendampingan. Mudah-mudahan ada ketertarikan untuk berwirausaha dari para siswa. Agar bisa juga se frekuensi dengan para pengusaha yang lebih dulu menjalani bidangnya,” beber sang ketua Kadin Kota Semarang.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK 6, Ibu Almiati, M.Si., menerangkan, sekolah yang dipimpinnya punya visi mencetak wirausaha, selain menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang siap kerja.

“SMK sebagai pusat keunggulan (Center of Excellence) tidak hanya menyiapkan peralatan dan hard skill bagi siswa. Melainkan lebih mengutamakan soft skill berupa karakter, budaya etika,” jelasnya.

Dengan pendampingan langsung oleh para praktisi dari Kadin, maka siswa akan mendapatkan langsung gambaran budaya kerja dan berwirausaha yang baik dan benar.

“Kami berharap kesenjangan antara dunia pendidikan dan dunia kerja semakin terkikis. Jadi lulusan kami bisa langsung bekerja, baik di perusahaan maupun berani berwiraswasta,” menutup wawancara.