Penuhi Kebutuhan Asesor Kompetensi, LSP P1 SMKN 5 Semarang Adakan Pelatihan Asesor Kompetensi

LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) P1 SMK Negeri 5 Semarang bekerjasama dengan
Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) kembali menyelengarakan Pelatihan Asesor Kompetensi. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 5 sampai 9 April 2021. Bertempat di ruang Mahoni hotel Gets Semarang, kegiatan ini mengundang pihak BNSP dan dihadiri oleh Master Asesor BNSP yaitu Bapak Sumardi dan Ibu Sri Salimah sebagai Narasumber. Serta Bapak Didiek Susilo Tamtomo dan Ibu Atiek Nurhidayati sebagai penguji. Acara tersebut dibuka oleh Bapak Sri Suwarno selaku Dewan Pengarah dan diikuti peserta sejumlah 24 orang. Adapun peserta merupakan guru dari SMK Negeri dan Swasta di Semarang dan sekitarnya.

Pelaksanaan Pelatihan Asesor Kompetensi ini diadakan dalam rangka memenuhi kebutuhan Asesor Kompetensi yang profesional, memiliki keterampilan, keahlian, dan kompetensi. Guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia ketenagakerjaan yang berdaya saing dan standar global di LSP P1 masing-masing SMK. LSP-P1 Pendidikan sendiri adalah LSP yang didirikan oleh lembaga pendidikan dan atau pelatihan dengan tujuan utama melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja terhadap peserta pendidikan atau pelatihan berbasis kompetensi di lingkungannya, dan atau sumber daya manusia dari jejaring kerja lembaga induknya, sesuai ruang lingkup yang diberikan oleh BNSP.

Setiap Asesor memiliki sertifikat Asesor Kompetensi (ASKOM) yang diterbitkan oleh BNSP dan memiliki masa berlaku 3 (tiga) tahun. Untuk itu pemilik sertifikat ASKOM yang akan dan telah habis masa berlakunya perlu melaksanakan perpanjangan masa berlaku sertifikasi, guna pemeliharaan kompentensi yang telah diperoleh. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka dengan tetap mengikuti protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

Penulis : Humas SMKN 5 Semarang
Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang