Psikolog Masuk Sekolah, SMKN 5 Semarang Gandeng UGM

Dalam rangka mendukung kemajuan Pendidikan bangsa dan memberikan manfaat bagi satuan pendidikan dalam mendukung pengembangan diri dan penguatan karakter peserta didik, Paguyupan Alumni Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam Program Psikologi Masuk Sekolah. Kali ini sekolah yang mendapatkan kesempatan baik ini adalah SMK Negeri 5 Semarang.

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring pada hari Senin, 12 April 2021 dengan peserta kelas Teknik Transmisi Telekomunikasi, dengan topik “Webinar Psikologi Bersama Universitas Gajah Mada” melalui Zoom Meeting.

Fitri Aprialis Sabrina, M. Psi. Psikolog yang bertindak sebagai pemateri dalam penyampaian materi menyatakan bahwa beberapa tipe gaya belajar siswa antara lain gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda dengan orang yang lain. Gaya belajar tertentu dinilai lebih dominan dan efektif dalam memahami materi. Misal orang dengan gaya belajar visual pintar dalam matematika, orang dengan gaya belajar auditori suka dalam sastra,sedang olah raga adalah kesukaan orang dengan gaya belajar kinestetik. Ada pula jenis kombinasi gaya belajar yang dibedakan menjadi gaya belajar diverger (perasaan dan pengetahuan), assimilator (berpikir dan mengamati), converger (berpikir dan berbuat), dan accomodator (perasaan dan tindakan).

Dalam kegiatan webinar tersebut, siswa diajak mengikuti challenge dengan mengisi kuis yang berisi penyataan-penyataan untuk dijawab siswa sehingga nanti siswa dapat mengetahui gaya belajarnya masing-masing dari skor yang diperoleh. Dengan mengetahui gaya belajar yang efektif kita dapat mengatur dan menyelesaikan tugas dengan baik.
Dalam keterangannya kepada pihak sekolah Fitri menyatakan pendampingan yang tepat sebaiknya dilakukan kepada remaja agar remaja bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik dalam masa ini. Pemahaman yang baik terhadap hal yang berkaitan dengan psikologis diharapkan dapat mendorong remaja untuk memiliki motivasi yang baik dalam belajar, menunjukkan karakter baik dan mampu mengembangkan dirinya. Selain itu, permasalahan yang dihadapi pada masa ini dapat tertangani agar tidak berpengaruh di masa dewasa.
Psimas (Psikologi Masuk Sekolah) saat ini bekerjasama dengan SMA dan SMK di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Program dari Psimas sendiri ada dua, terdiri dari Psikoedukasi “Kelas Berbagi” dan Konsultasi Psikologi daring. Untuk materinya ada empat, yakni pengembangan potensi diri, akademik, emosi, dan sosial. Untuk sesi pertama yg dilakukan hari ini tadi masuk pada materi akademik. Diharapkan dalam waktu dekat nanti akan dilanjutkan tahap berikutnya yang tidak hanya diperuntukkan di kelas X saja, Tentu kegiatan ini dilaksanakan di luar jam pembelajaran agar tidak mengganggu KBM. Kami berharap program ini dapat memberikan manfaat bagi sekolah dalam mendukung pengembangan diri dan penguatan karakter peserta didik.

Penulis : Sunarti, S.Pd.,M.Pd., Guru SMK N 5 Semarang.

Editor : Nurul Rahmawati, M. Pd, Guru SMKN 1 Tuntang.