SMAHA, Sosialisasi Pembiasaan Prokes Persiapan PTM

SMA Islam Hidayatullah (SMAHA) terus mengadakan persiapan untuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Persiapan-persiapan tersebut antara lain pembentukan tim satgas Covid-19 di sekolah, yang sudah dilaksanakan pada bulan Januari 2021; koordinasi penyelenggaraan PTM, yang dilaksanakan awal bulan April 2021; dan pada Jumat, 16 April 2021 dilaksanakanlah sosialisasi pembiasaan protokol kesehatan atau prokes.

Kegiatan sosialisasi pembiasaan prokes pada hari Jumat, 16 April 2021 tersebut dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru, karyawan, serta peserta didik kelas X dan XI SMAHA.

“Tujuan dari kegiatan sosialisasi pembiasaan prokes adalah untuk memberikan wawasan seputar kebiasaan-kebiasaan baru yang harus diterapkan oleh seluruh warga sekolah saat PTM. Ini adalah salah satu bentuk ikhtiyar kita agar virus Covid-19 tidak tersebar luas,” tutur Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Bapak Taufik Nur Hidayat, S.Pd., saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara.

Narasumber dalam kegiatan tersebut ialah seorang dosen FIK Unissula (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung) yang sekaligus menjabat sebagai sekretaris Team Task Force Pandawa Covid-19 Unissula. Beliau adalah Ibu Wahyu Endang Setyowati, S.KM., M.Kep., atau yang lebih akrab disapa Bunda Endang. Di awal kegiatan, Bunda Endang memberikan pretest kepada siswa, untuk mengetahui sejauh mana persiapan mereka dalam mengikuti PTM. Beberapa siswa menyampaikan bahwa mereka harus menggunakan masker, membawa hand sanitizer, membawa helm sendiri apabila naik kendaraan umum, dan tidak bersentuhan dengan orang lain.

Banyak sekali ilmu yang diberikan Bunda Endang sebagai bekal nantinya dalam pelaksanaan PTM. Misalnya saja gagasan sekolah tatap muka, alasan mengapa harus dilaksanakan PTM, kelebihan PTM, apa saja yang harus dipersiapkan sekolah dan warga sekolah untuk PTM, pembiasaan protokol kesehatan,  kebiasaan-kebiasaan baru saat PTM, dan tips selama PTM.

Berikut merupakan beberapa tips yang diberikan Bunda Endang. Pertama, ketika naik mobil, pastikan kaca tidak tertutup penuh. Kedua, ketika berada di sekolah usahakan jangan bersentuhan dengan orang lain. Kemudian ketika berada di dalam kelas, semua jendela dan pintu sebaiknya dibuka agar sirkulasi udara lancar. Terakhir,  ketika pulang sekolah harus segera mandi atau membersihkan diri.

“Memang banyak sekali aturan saat PTM diterapkan. Namun, aturan tersebut dilaksanakan demi kebaikan bersama. Kita ikuti saja manajemen dari pemerintah dan sekolah demi mewujudkan PTM yang lancar dan terhindar dari virus Covid-19. Lakukanlah semua dengan semangat dan happy,” tambah Bunda Endang saat menyampaikan materi.

Kegiatan ini ditutup dengan tanya jawab dan kuis antara peserta didik dengan Bunda Endang seputar prokes selama PTM. Semoga kegiatan sosialisasi pembiasaan prokes ini dapat diterapkan dan dilaksanakan dengan baik oleh semua warga SMAHA, saat pelaksanaan PTM nantinya.

 

Penulis : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah
Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang