SMAHA Gelar Workshop Penyusunan Dokumen E-KTSP 2021/2022

Menyongsong tahun pelajaran baru 2021/2022 yang akan dimulai pada bulan Juli mendatang, SMA Islam Hidayatullah (SMAHA) sudah mempersiapkan para guru untuk menyusun perangkat pembelajaran. Salah satunya adalah dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). KTSP merupakan kurikulum yang disusun dan ditetapkan oleh satuan pendidikan yang menjadi pedoman bagi warga sekolah dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran.

Untuk mendapatkan dokumen E-KTSP yang baik dan sesuai standar yang diharapkan, SMAHA  mengadakan Workshop Penyusunan Dokumen E-KTSP Tahun Pelajaran 2021/2022. Workshop ini dilaksanakan selama tiga hari di bulan Mei 2021, yaitu pada hari Jumat tanggal 21, Sabtu tanggal 22, dan Sabtu tanggal 29 mendatang. Kegiatan ini melibatkan kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, dan guru mata pelajaran. Serta menghadirkan narasumber pengawas SMA di Cabang Dinas Wilayah 1,  yaitu Dra. Anni Prabandani, M.Pd.

Kepala SMAHA, Ibu Etik Ningsih, S.Pd., memberikan orientasi beberapa saat sebelum workshop dimulai, “Dokumen KTSP merupakan tanggung jawab kita bersama. Maka dari itu mari kita susun dokumen E-KTSP ini dengan sebaik mungkin, mengingat bahwa dokumen E-KTSP ini menjadi acuan dalam menjalankan segala aktivitas di tahun pelajaran 2021/2022.”

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi. Dalam memaparkan materi workshop, Bu Anni Prabandani, M.Pd. memulai dengan menyampaikan kalimat yang mengandung animo di dalamnya, “Kita harus mau dan bisa berubah. Karena yang abadi itu perubahan yang selalu kita jumpai setiap saat. Sebagai umat, kita harus bisa mengikuti perubahan tersebut.”

Banyak sekali ilmu yang dibagikan Bu Anni Prabandani, M.Pd. kepada para peserta workshop. Antara lain unsur dalam penyusunan dokumen E-KTSP, silabus, RPP, karakter dan kecakapan abad 21,  serta alur pengesahan KTSP (buku 2 dan 3). Beliau juga menekankan jika RPP harus diintegrasikan dengan 4C yaitu Communication, Collaboration, Critical Thinking, dan Creativity, serta pendidikan karakter dan literasi. Materi workshop semakin jelas dengan dijabarkannya contoh-contoh dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran.

Di penghujung kegiatan, Bu Anni Prabandani, M.Pd. mengajak para guru bermain games untuk mengetahui karakteristik masing-masing. Beliau juga memutarkan video pendek yang berisi gambaran dan tantangan dalam mencapai Indonesia Emas di tahun 2045.

 

Pemulis : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah Semarang

Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang

Para peserta workshop mendengarkan penjelasan dari narasumber dengan seksama