Syukuran Khatam Al Quran SMKN 1 Tuntang

Jumat, 30 Juli 2021, SMK Negeri 1 Tuntang mengadakan syukuran khatam Al-Quran untuk yang kedua. Setiap harinya sebelum memulai PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) Bapak Ibu Guru dan Karyawan SMKN 1 Tuntang melaksanakan kegiatan tadarus baik offline di mushola sekolah maupun online ketika pembatasan mobilitas orang dilaksanakan pemerintah. Sehingga dalam rentang waktu satu tahun, Kami  bisa mengkhatamkan Al Qur’an untuk kedua kalinya.

Acara yang dimulai pada pukul 09.00 tersebut, dipandu oleh Ibu Tutik Widiyandari, S.Pd. Kegiatan diawali dengan pembukaan dan pembacaan basmalah bersama-sama. Dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Ardan Sirodjuddin, S.Pd., Kepala SMKN 1 Tuntang. Dalam sambutannya beliau mengungkapkan rasa syukurnya, “Selaku pimpinan, saya sangat senang Bapak Ibu Guru dan Karyawan SMKN 1 Tuntang bersemangat membaca Al Qur’an setiap pagi. Jadikan khataman ini sebagai momentum untuk terus meningkatkan ibadah kita kepada Allah SWT.”

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Bapak Kepala Sekolah yang kemudian diserahkan kepada koordinator kegiatan tadarus dan kultum, Ibu Aristiani, S.Pd. Sebagai penutup, Bapak Harnanto, S.Pd. membacakan doa khataman Al Qur’an dengan khidmat.

“Kegiatan khataman ini menjadi penyemangat bagi Bapak Ibu Guru, Karyawan SMKN 1 Tuntang untuk semakin rajin melaksanakan kegiatan tadarus dan kultum. Sehingga menjadi budaya yang terus menerus dilakukan,” ungkap Ibu Anggita Fortuna Dewi, S.Pd., guru mata pelajaran produktif Tata Busana.

Pada kesempatan yang sama, Ibu Aristiani, S.Pd., selaku koordinator tadarus dan kultum mengatakan, “Tadarus dan kultum setiap pagi merupakan kegiatan yang positif, dirasa mampu memberikan siramam rohani dan juga menjadi kebiasaan baik dalam memperlancar membaca Al Qur’an. Semoga kegiatan baik ini dapat istiqomah dijalankan.”

Penulis : Nurul Rahmawati, M.Pd, Guru SMKN 1 Tuntang.