Jumat BERSERI SMA Negeri 14 Semarang

Semarang – Di masa Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM, rutinitas kegiatan belajar mengajar di berbagai sekolah tergantikan dengan tatap maya atau daring termasuk di dalamnya kegiatan non-akademik. Salah satunya, SMA Negeri 14 Semarang yang memberlakukan 1 kegiatan unggulan di Hari Jumat. Khusus di hari Jumat jam pertama, semua siswa kelas X, XI, dan XII melakukan kegiatan BERSERI.

BERSERI memiliki kepanjangan Bersih, Sehat, dan Religius. Dalam pelaksanaannya, siswa melakukan kegiatan-kegiatan tersebut dari rumah, dan kemudian melaporkannya kepada wali kelas masing-masing. “Kegiatan JUMAT BERSERI atau Bersih, Sehat, dan Religius sebetulnya bukan kegiatan baru bagi SMA N 14 SMG, karena sejak menjadi Sekolah Adiwiyata setiap Jumat sekolah selalu mengadakan Jumat Bersih dan Sehat serta Religi atau yg disebut dgn Gentong Banyu (Gerakan Gotong Royong Berantas Nyamuk)” Jelas Ibu Suspeni.

Ia menambahkan bahwa  mulai Tahun Pelajaran 2021/2021 Kegiatan ini menjadi lebih terarah karena ditulis di Dokumen KTSP Sekolah, dan diberi nama JUMAT BERSERI. Dimaksudkan agar kita senantiasa BERSERI di masa pandemi.

Kegiatan unggulan ini menjadi trend di kalangan masyarakat sekolah serta alumni 14 yang merasakan secara langsung maupun membacanya di berbagi sosial media yang dimiliki oleh SMA N 14 Semarang. “Manfaat program Jumat BERSERI yaitu merubah karakter pembiasaan yang positif dalam pencapaian sekolah atau lingkungan yang bersih dan sehat serta membentuk pribadi yang sehat dan jiwa yang kuat baik rohani maupun jasmani.” Respon Ibu Desy selaku Alumni SMA Negeri 14 Semarang tahun 2013.

Kegiatan yang membiasakan warga sekolah untuk selalu berperilaku hidup bersih dimanapun dan kapanpun, baik di sekolah maupun di rumah memang perlu selalu untuk dilestarikan. Harapanpun datang dari Ibu Kepala SMA Negeri 14 Semarang, Dra. Sulastri, M.Pd, bahwa dengan terwujudnya perilaku positif tersebut Sekolah tentunya berharap kegiatan BERSERI menjadi bagian dari program sekolah yang supportif atau sesuai untuk mendukung program Pemerintah saat ini dalam melawan covid-19.

Penulis: Muhamad Zayyinul Muttaqin, S.Pd., M.Pd SMAN 14 Semarang