SMKN 5 Semarang Tingkatkan Kompetensi Guru Untuk Pembelajaran Daring

SMK Negeri 5 Semarang gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Pemanfaatan Platform Google Meet dan Kemampuan Mengedit Video  untuk Pembelajaran Daring

Kualitas pendidikan sangat bermanfaat pada kualitas pembelajaran yang dilaksanakan guru di kelas. Optimalisasi proses pembelajaran dapat dilakukan dengan mengintegrasikan penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran. Oleh karena itu dinilai sangat penting untuk memberikan pelatihan penggunaan google meet kepada para guru. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan penggunaan google meet untuk mengoptimalkan proses pembelajaran di SMK Negeri 5 Semarang. Sasaran kegiatan ini adalah para guru SMK Negeri 5 Semarang. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini, antara lain memberikan pelatihan dan pengetahuan tentang penggunaan google meet, memberikan gambaran pengalaman bagaimana penggunaan google meet secara sistematis dalam pembelajaran.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan google meet sebagai media pembelajaran. Penggunaan google meet diharapkan dapat membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan, sehingga berdampak positif pada hasil belajar siswa, serta meningkatkan kualitas kinerja guru.

Kegiatan diawali secara daring melalui zoom pada 10 Agustus 2021. Dan dilanjutkan dengan pelatihan secara luring dengan protokol kesehatan yang ketat berlangsung selama dua hari, mulai dari Kamis, 12 Agustus 2021 sampai Jumat, 13 Agustus 2021. Pelatihan ini menggunakan metode tutor sebaya, dimana instruktur adalah rekan SMK Negeri 5 Semarang yang berkompeten di bidang pemanfaatan teknologi google meet. Bertempat di Laboraturium Komputer TKJ I dan II diikuti oleh semua guru SMK Negeri 5 Semarang. ”Sebagai penutup rangkaian kegiatan ini diakhiri dengan materi editing video yang dilaksanakan 18 s.d 19 Agustus 2021”, tutup Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Aris Susanto, S.Pd.

Penulis : Megawati Retnaningtyas, S.Pd. SMKN 5 Semarang