SMKN 3 Semarang Gandeng PT. Astra Daihatsu Motor; Penguatan Budaya Kerja

Workshop pengembangan karakter dan penguatan budaya kerja berbasis profil pelajar Pancasila dengan program pintar bersama PT. Astra Daihatsu Motor SMK, dilaksanakan pada tanggal 26 s/d 28 Agustus 2021.

Kegiatan tersebut dibuka secara virtual oleh Wakil manajer departement CSR, Bapak Dede Dwi Cahyo, dengan didampingi secara luring dan sekaligus sebagai narasumber Bapak Akhmad Nadlib (Koordinator Wilayah PBD Jawa Tengah), Bapak Masrukin (Team Hard Skill PBD), Bapak Raditya Nugroho (Team Soft Skill PBD) dan Kepala SMK Negeri 3 Semarang Ibu Dra. Ummi Rosydiana, M.Par., Guru dan Tenaga Kependidikan.

Dalam arahan dan sambutannya kepala sekolah menekankan bahwa SMK PK adalah adanya pemenuhan sarana prasarana baik bangunan maupun peralatan. Pemenuhan sarana prasarana ini harus didukung dengan diterapkannya budaya kerja industri di mana pada akhirnya siswa memiliki budaya sesuai tuntutan IDUKA dan diharapkan dapat merubah SDM untuk lebih maju sesuai dengan arahan bapak Dirjen. Lebih penting lagi bagi SMK adalah menyiapkan SDM yang siap memasuki dunia kerja di era industry 4.0.

Sementara itu, persaingan kerja semakin ketat, bukan hanya bersaing dengan manusia namun juga bersaing dengan robot. Tugas utama SMK adalah bagaimana bisa membangun komunikasi yang baik dengan mitra IDUKA.

Permasalahan yang sering terjadi dan dikeluhkan oleh pihak mitra IDUKA adalah rendahnya budaya kerja alumni SMK. Hal ini tentunya menjadi keprihatinan bagi SMK dalam upaya menyiapkan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja. Oleh karena itu, di antara langkah awal untuk mengatasi permasalahan tersebut, SMKN 3 Semarang melalui program SMK PK,  mengundang pihak mitra IDUKA, khususnya dari PT. Astra Daihatsu Motor, untuk memberikan masukan tentang bagaimana menguatkan karakter budaya kerja pada siswa SMKN 3 Semarang.

Penulis          : Tim Humas SMKN 3 Semarang

Editor            : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang