Vaksinasi Tahap Pertama SMK Bina Nusantara Semarang

SMK Bina Nusantara Semarang melaksanakan vaksinasi Covid-19, sebagai upaya persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas. Selain itu, hal ini juga ditujukan untuk meningkatkan imun kekebalan tubuh di situasi pandemik yang masih terjadi di negara kita.

Pemberian Vaksin Sinovac tahap pertama diselenggarakan di Aula SMK Bina Nusantara Semarang Selasa (7/9/2021), yang dilakukan oleh Puskesmas Mangkang sebagai pelayanan kesehatan dan ditunjuk oleh Dinas Kesehatan Kota Semarang. Sebanyak 18 team dari Puskesmas dan dibantu dengan seluruh jajaran guru dan karyawan SMK Bina Nusantara, vaksinasi berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Kepala SMK Bina Nusantara Semarang, Eka Aribawa mengatakan target vaksinasi saat ini sebanyak 350 dosis, yang diikuti semua siswa dan beberapa tenaga pendukung sekolah, “Ini merupakan momentum yang kami tunggu dari pemerintah untuk menunjang persiapan kegiatan tatap muka yang akan diselenggarakan, dan kami juga mengapresiasi tinggi karena mendapatkan kesempatan penerima vaksin kategori anak diatas usia 12 tahun,” paparnya.

“Vaksinasi ini menjadi langkah awal untuk mencapai herd immunity, dengan begitu sekolah memenuhi salah satu syarat untuk mengadakan pembelajaran tatap muka,” tambahnya.

Beberapa siswa yang awalnya enggan untuk mengikuti vaksinasi, namun setelah diberikan penjelasan dari pihak Puskesmas dan Satgas Covid di tingkat sekolahan, akhirnya mereka antusias untuk mengikuti kegiatan ini.

Ari Dwi Handoko, selaku ketua Waka Kesiswaan menyampaikan “Vaksinasi Covid-19 yang dilakukan di SMK Bina Nusantara Semarang ini, semoga dapat melandaikan kurva pasien Covid-19 di Indonesia khususnya di kota Semarang, agar seluruh sistem pemerintah segera pulih kembali.”

“Sudah lama saya tidak pergi ke sekolah memakai seragam seperti ini. Walaupun kali ini untuk vaksin semoga ke depannya bisa masuk sekolah seperti semula,” ujar salah satu siswi kelas XI.

Penulis: Kafidatul Islamiyah, S.Sos., Guru SMK Bina Nusantara

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang