SMAN 1 Semarang Menuntaskan Vaksinasi untuk Memantapkan PTM

Dalam rangka memantapkan persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), SMA Negeri 1 Semarang melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk penuntasan vaksinasi untuk Peserta Didik (PD) maupun Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK). Dari penyisiran terakhir untuk PD dan PTK terdapat 117 peserta vaksinasi yang dilaksanakan oleh sekolah bekerjasama dengan SMC RS. Telogorejo Semarang pada hari Jumat tanggal 1 Oktober 2021. Dalam pelaksanaan kegiatan vaksinasi tersebut, para PD tetap didampingi oleh Satgas Covid-19 dan Tim STP2K dari sekolah. Tidak dapat serentaknya vaksinasi untuk seluruh civitas akademika SMA Negeri 1 Semarang disebabkan oleh beberapa hal, antara lain karena ada yang masih sakit, komorbiditas, serta ada juga yang masih penyintas belum 3 bulan sembuh dari COVID-19.

Sebelumnya juga dilaksanakan beberapa tahap vaksinasi baik untuk dosis 1 maupun dosis 2 untuk PD dan PTK SMA Negeri 1 Semarang dengan jenis vaksin yang sama yaitu Vaksin Sinovac.

  1. Tanggal 14 Juli 2021 bekerjasama dengan BIN dan UPTD Puskesmas Pandanaran bertempat di lokasi sekolah;
  2. Tanggal 12 Agustus 2021 bekerjasama dengan BIN dan UPTD Puskesmas Pandanaran bertempat di lokasi sekolah;
  3. Tanggal 28 Agustus 2021 bekerjasama dengan UPTD Puskesmas Pandanaran bertempat di Gedung Dinas Kesehatan Kota Semarang;
  4. Tanggal 3 September 2021 bekerjasama dengan SMC RS. Telogorejo Semarang bertempat di SMC RS. Telogorejo Semarang;
  5. Tanggal 25 September 2021 bekerjasama dengan UPTD Puskesmas Pandanaran bertempat di Gedung Dinas Kesehatan Kota Semarang.

Dengan beberapa tahap pelaksanaan vaksinasi tersebut diharapkan dapat tercipta kekebalan (herd immunity) secara menyeluruh bagi warga sekolah sehingga pelaksanaan PTM dapat berjalan lancar dengan tetap mengadaptasi kebiasaan baru.

Plt. Kepala SMAN 1 Semarang, Dr. Kusno, S.Pd., M.Si menyampaikan bahwa vaksinasi Covid-19 ini bertujuan untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) agar masyarakat menjadi lebih produktif dalam menjalankan aktivitas kesehariannya. Setelah melaksanakan vaksinasi para peserta tetap mematuhi protokol kesehatan 5M yaitu menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Penulis : Humas SMAN 1 Semarang