ANBK Oleh Guru dan Siswa SMAN 3 Semarang

Sejumlah 45 siswa dan 65 guru SMA Negeri 3 Semarang  ditunjuk melaksananakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada 29-30 September 2021. Hal ini merupakan implementasi dari kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, yang akan mengganti Ujian Nasional (UN) dengan Asesmen Nasional (AN) yang meliputi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter (SK) dan Survei Lingkungan Belajar (SLB) mulai tahun 2021.

Pada ANBK di SMAN 3 Semarang tahun ini telah ditunjuk oleh 45 siswa ditambah 5 siswa cadangan untuk melaksanakan AKM dan Survei Karakter serta Kepala Sekolah dan 65 orang guru untuk mengisi Survei Lingkungan Belajar. Pelaksanan AKM dan SK dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 10.00 WIB menggunakan 3 ruang Lab Komputer. Sedangkan pengisian SLB dilaksanakan mulai pukul 13.00 WIB oleh para guru diruang sidang dan ruang kelas masing-masing. Pada kagiatan tersebut SMAN 3 Semarang juga mendaptkan titipan 2 siswa berkebutuhan khusus Tuna Rungu dari SMA Swadaya. Kedua siswa ditempatkan di ruang tersendiri yaitu Lab Komputer 4. Setiap ruang didamping 1 orang proktor, 1 orang pengawas dan 1 orang teknisi untuk membantu kelancaran proses AKM dan SK.

Dengan Asesmen Nasional diharapkan akan didapatkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antar kelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu).

Penulis : Arief Wakakom SMAN 3 Semarang