Pintar Bersama Daihatsu (PDB), Penerapan Budaya Kerja 5S di SMK Negeri 5 Semarang

Tahun ajaran 2021/ 2022 program PBD (Pintar Bersama Daihatsu) mulai dilaksanakan di SMKN 5 Semarang. Pihak sekolah tengah serius mendukung secara aktif dan melaksanakan Program Pintar Bersama Daihatsu. Dengan menjunjung tinggi kedisiplinan, kejujuran, dan berbudaya karakter yang baik akan membentuk siswa menjadi insan yang cakap dan bijak dalam mengambil keputusan.

Dalam rangka memelihara lingkungan sekolah yang hijau, bersih, indah dan sehat, sekolah mulai menerapkan sistem Jalur Hijau khusus untuk pejalan kaki di lingkungan sekolah. Tidak hanya itu, demi menciptakan sekolah sebagai kawasan industri, bengkel tempat praktik siswa juga mengalami pembenahan dari berbagai sisi. Dengan penerapan program 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin), yang merupakan adaptasi program 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke) yang dikembangkan di Jepang dan sudah digunakan oleh banyak negara di seluruh penjuru dunia. program ini merupakan suatu metode sederhana untuk melakukan penataan dan pembersihan tempat kerja yang dikembangkan dan diterapkan di Jepang. Menurut  Kepala SMKN 5 Semarang, Sri Suwarno, S.Pd, M.Pd, “Pintar Bersama Daihatsu ini  memaksa kita semua untuk mengiikuti budaya industri 5R/5S. Budaya 5R tidak hanya untuk bengkel otomotif tetapi untuk semua lembaga sekolah/ruang kantor”. Semoga Program Pintar Bersama Daihatsu ini bisa membawa perubahan yang signifikan terhadap kedisiplinan, kejujuran, dan berbudaya karakter yang baik terhadap semua elemen sekolah.

Workshop “Pengembangan Karakter dan Penguatan Budaya Industri Berbasis Profil Pelajar Pancasila serta sinkronisasi kurikulum SMKN 5 Semarang dengan “PT. Astra Daihatsu.” Berlangsung di Aula Negeri 5 Semarang dibuka oleh Bapak Sunarto, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Cabang Dinas Wilayah I, dan diisi pemateri Bapak Masrukin dari SMK Maarif NU Kudus.

Acara yang berlangsung Hari Rabu dan Kamis, Tanggal 6-7 Oktober 2021 ini bertujuan untuk Integritas Kurikulum Industri dengan Kurikulum nasional selanjutnya disebut: “Kurikulum Pintar bersama Daihatsu”, Sebagai acuan standart Kurikulum SMK Binaan PT. Astra Daihatsu Motor, pemberlakuan “Kurikulum Pintar Bersama Daihatsu” di sekolah Binaan PT. Astra Daihatsu Motor, berupa implementasi konten. Soft skill untuk semua mata pelajaran seluruh kompetensi keahlian dan Hard skill di Kompetensi Keahlian TKR, tutur Kepala Kompetensi Keahlian TKRO, Muh. Zein Nasrudin, S.Pd.

Penulis : Oleh Ibnu Adjie, S.Pd.