Semangat Kepahlawanan Di Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021: “Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh”

Setiap tanggal 28 Oktober, Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda. Pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 tahun 2021 kali ini mengambil tema “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”

Sumpah Pemuda yakni suatu ikrar para kaum muda mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Adapun isi Sumpah Pemuda adalah sebagai berikut:

Pertama: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

Kedua: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Ketiga: Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Sumpah Pemuda membuktikan, perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia ternyata dapat disatukan sebagai perwujudan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “berbeda-beda tetapi tetap satu”.

Dalam rangka menyambut peringatan Sumpah Pemuda 2021 sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW SMK Nusa Bhakti Semarang mengadakan 2 lomba yakni lomba Pembacaan Mahalul Qiyam dan Lomba Pidato Bahasa Jawa, yang diikuti oleh para siswa-siswi SMK Nusa Bhakti Semarang.

Diharapkan dengan diselenggarakannya lomba dapat memberi kesan dan makna bagi siswa. peringatan sumpah pemuda di sekolah bisa menjadi salah satu cara untuk mengenal sejarah dan memupuk jiwa nasionalisme pada siswa.