Kepala SMK N 11 Semarang menjadi Finalis Kepala Sekolah Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Inspiratif Tahun 2021

Berdasarkan keputusan Direktur Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 3511/B6/GT.02.10/2021 Drs. Agus Triyanto, M.Si. ditetapkan sebagai finalis Kepala Sekolah Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Inspiratif Tahun 2021 bersama 19 Kepala SMK lainnya di Indonesia. 6 orang kepala SMK di Jawa Tengah mengikuti tahap final dalam lomba tersebut yang dilaksanakan secara luring di Jakarta.

Best Practice yang disampaikan Bp. Drs. Agus Triyanto, M.Si. adalah upaya beliau menetapkan kebijakan penyelenggaraan pembelajaran di SMK Negeri 11 Semarang selama masa pandemi. Kebijakan yang diambil adalah membuat sistem pembelajaran yang simpel, optimal, dan berkualitas. Implementasi dari kebijakan yang simpel dan impact full adalah dengan memberikan kemerdekaan kepada masing-masing ketua kompetensi keahlian untuk mengembangkan portal belajar sebagai learning management system sesuai dengan karakteristik kompetensi lulusan yang akan dicapai. Keberagaman pengembangan portal belajar di masing-masing kompetensi keahlian tetap berpedoman pada keterukuran dan penjaminan atas keterlaksanaan KBM yang terukur dan berkualitas. Dengan adanya LMS yang sederhana yaitu berbasis Google Drive memudahkan guru dan siswa beradaptasi terhadap portal tersebut.

Selain pemanfaatan portal belajar yang simpel tersebut, bapak/ibu guru diberikan kemerdekaan dalam melaksanakan inovasi pembelajaran. Salah satu bentuknya adalah dengan memanfaatkan instagram sebagai database karya dan sosial media marketing tools. Dengan upaya itu, menjadikan pelaksanaan KBM di sekolah terkoneksi dengan perkembangan IDUKA.

Pengembangan sistem pembelajaran yang simpel, optimal, dan berkualitas ini harapannya bisa memberikan kontribusi terhadap perkembangan SMK di Indonesia.