Kunjungan Industri SMK Bina Nusantara Semarang Kelas XI TBSM di Masa Pandemi Covid-19

Seiring pesatnya kemajuan Teknologi, Dunia Pendidikan pun dituntut untuk kontribusi dalam menyongsong era Globalisasi. dalam usaha meningkatkan mutu IPTEK, maka SMK Bina Nusantara Semarang menyelenggarakan kunjungan industri untuk semua siswa salah satunya kelas XI jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) pada Selasa (23/11).

Dikarenakan masih dalam masa pandemi, kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan kapasitas kunjungan dibagi menjadi dua kloter maksimal 50%. Industri yang dituju kali ini adalah Super Honda Majapahit Semarang yang beralamat di Jl. Majapahit No. 299 Gemah, Kec. Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Kegiatan ini bertujuan untuk  memperluas pengetahuan siswa dalam lingkungan dunia kerja, mendorong siswa agar mempunyai minat bekerja di perusahaan, memberi informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan, mendorong siswa agar mempunyai rasa kedisiplinan dan tanggung jawab, mendapat gambaran saat akan bekerja di industri atau ingin membuat sebuah industri.

Kunjungan industri ini dipilih untuk memperkenalkan siswa ke dunia kerja yang sesungguhnya. Siswa di tuntut untuk lebih aktif lagi di dalam menggali suatu informasi tentang kunjungan industri untuk mendapatkan pengetahuan mengenai ilmu otomotif yang ada di super honda majapahit semarang .

Kegiatan semacam ini diharapkan terus diadakan setiap tahunnya agar para siswa mendapat banyak pengalaman sebelum benar-benar memasuki dunia industri. Selain itu, untuk para siswa sendiri juga diharapkan dapat memanfaatkan kegiatan semacam ini dengan sebaik-baiknya, serta diharapkan banyak memperoleh ilmu yang diberikan oleh pihak industri yang  dapat diterapkan di sekolah dalam program Teknik Bisnis Sepeda Motor. Jika kegiatan ini dapat dilakukan maka SMK Bina Nusantara Semarang dapat menciptakan generasi yang siap bekerja.

Penulis: team media smk Bina nusantara semarang