IHT Video Pembelajaran SMK Yayasan Pharmasi

Baru baru ini, tepatnya Rabu, 15 Desember 2021 telah dilaksanakan IHT mengenai pembuatan vidio pembelajaran di SMK Yayasan Pharmasi yang beralamat di Jl. Satrio Wibowo I Tlogosari Semarang. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru. Sebagai narasumber berasal dari dalam sekolah sendiri, yaitu guru-guru yang pernah memenangkan sayembara vidio pembelajaran tingkat nasional tahun 2020 dan tahun 2021. Mereka adalah Achmad Syah Ronie, Ika Purwati, Fanny Firmansyah, dan Desi Rahayu Suwarganingurip. Sebelumnya selain menjadi pemenang mereka juga telah mendapatkan pelatihan tingkat nasional tentang cara membuat vidio pembelajaran.

Pelatihan dilaksanakan dua hari yaitu tanggal 15 Desember serta  dilanjutkan di tanggal 22 Desember 2021. Materi yang dipelajari adalah bagaimana membuat naskah vidio, teknik pengambilan gambar, dan cara mengedit vidio, sehingga akan menghasilkan vidio pembelajaran yang bagus serta bisa digunakan saat pembelajaran berlangsung.  Saat kegiatan, guru-guru terlihat semangat dan antusias. Hasil akhir yang didapatkan di kegiatan IHT ini adalah setiap satu guru satu vidio pembelajaran.

“Tujuan kegiatan ini adalah supaya guru-guru di SMK Yayasan Pharmasi bisa menghasilkan vidio pembelajaran yang berkualitas, yang akan dipakai sendiri ataupun dipublikasikan, sehingga membantu siswa lebih mudah belajar. Selain itu guru dan siswa akan merasa bangga karena vidio tersebut buatan guru mereka sendiri. Tidak menutup kemungkinan pula jika sekolah lain menghendaki kerjasama penyampaian materi pembuatan vidio pembelajaran, kami siap membantu. Karena prinsipnya dengan berbagi ilmu maka ilmu kita akan selalu berkembang”, tandas Rahayu Wahananingtyas selaku kepala sekolah.