SMAHA adakan sosialisasi masuk PTN UNDIP Semarang. 

Memasuki semester akhir, peserta didik SMA Islam Hidayatullah atau SMAHA semakin fokus dengan berbagai persiapan studi lanjut ke perguruan tinggi. Beragam kegiatan pun diselenggarakan oleh sekolah untuk menunjang langkah kesuksesan mereka. Sebut saja tes diagnostik, bimbingan belajar, pemetaan minat siswa, konsultasi dengan BK atau psikolog, campus fair, dan hari ini, 4 Januari 2022 diadakan sosialisasi masuk perguruan tinggi UNDIP (Universitas Diponegoro) Semarang.  UNDIP dipilih oleh sekolah untuk memberikan sosialisasi ini mengingat sebagian besar peserta didik SMAHA berminat masuk ke universitas tersebut.

Kegiatan ini diselenggarakan hybrid diikuti oleh seluruh peserta didik kelas XII secara luring di sekolah dan orang tua secara daring melalui Zoom Meeting. Dengan pembicara langsung Kepala Pusat Admisi dan Promosi Pendidikan LP2MP UNDIP yaitu Bapak Dr. Bambang Cahyono, M.S., para siswa dan orang tua mengikuti sosialisasi dengan antusias. “Peserta didik SMAHA beruntung sekali karena belajar di sekolah yang memiliki indeks sekolah baik, para alumni SMAHA pun memiliki jejak prestasi yang baik di kampus. Untuk itu kalian harus optimis, insyaa-Allah bisa diterima di UNDIP,” tutur Bapak Dr. Bambang Cahyono, M.S.

Ibu Etik Ningsih, S.Pd., Kepala SMAHA, juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun. Hasil kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan LP2MP UNDIP membantu menyiapkan peserta didik agar tepat dalam memilih jurusan yang terbaik. Dengan pemahaman yang lengkap terhadap informasi perguruan tinggi, maka sekolah akan lebih optimal dalam membantu siswa agar sukses diterima di perguruan tinggi negeri khususnya di UNDIP.

Alhamdulillah saya senang adanya kegiatan ini. Karena membantu kami untuk memperoleh kiat-kiat dan informasi yang valid terkait studi lanjut di perguruan tinggi negeri,” kata M. Fakhri Athaurrahman, peserta didik kelas XII MIPA 1 yang berkeinginan untuk mendaftar di jurusan teknik kimia UNDIP.

Penulis : Nunung Kusumawati, S.S., Guru SMA Islam Hidayatullah

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang