SMK Yayasan Pharmasi Sharing Ilmu Pembuatan Video Pembelajaran Dengan SMK Hidayah Semarang

Dalam memperkuat penyampaian materi pembelajaran ke siswa di saat pandemi, sangatlah dibutuhkan inovasi-inovasi dari tenaga pendidik. Baru-baru ini SMK Yayasan Pharmasi melakukan sharing pengalaman dalam kegiatan pembuatan video pembelajaran bersama dengan SMK Hidayah Semarang.
Kegiatan ini terlaksana selama 2 hari  (tanggal 10 dan 17 Januari 2022) yang bertempat di SMK Hidayah Semarang.

Terlaksananya kegiatan ini berawal dari diskusi antara Rahayu Wahananingtyas, S.Pd., M.Pd selaku kepala Sekolah SMK Yayasan Pharmasi serta Fitri M, S.Pd  Kepala Sekolah SMK HIdayah Semarang yang berkeinginan memberikan motivasi kepada tenaga pendidik di SMK Hidayah agar makin bersemangat dan berinovasi dalam memberikan materi pembelajaran ke siswa, sehingga siswa juga makin bersemangat dalam belajar. Layak gayung bersambut tim SMK Yayasan Pharmasi dengan sangat terbuka menerima ajakan tersebut. SMK Yayasan Pharmasi menugaskan 3 (tiga) orang guru yang berhasil menang sayembara pembuatan video pembelajaran yang di selenggarakan oleh Kemendikbud tahun 2021, untuk sharing pengalamannya bersama guru SMK Hidayah Semarang. Guru yang ditugaskan tersebut adalah Achmad Syah Ronie, M.Pd. apt., Desi Rahayu Suwarganingurip, S.Farm. dan Ika Purwati, S.Si.

Kegiatan tersebut terbagi menjadi 2 sesi diantaranya sesi 1. sharing penyusunan naskah serta proses produksi video dan Sesi 2 sharing penyusunan video pebelajaran hingga siap untuk dipublikasikan dalam kegiatan pembelajaran. Tim SMK Yayasan Pharmasi dengan semangat memberikan motivasi ke tim SMK Hidayah untuk bisa lebih inovatif dan kreatif dalam menyiapkan media pembelajaran ke siswa, sehingga mengurangi rasa jenuh siswa dalam mengikuti pembelajaran selama kondisi pandemi ini.

Tim SMK Yayasan Pharmasi apt. Desi Rahayu Suwarganingurip, S.Farm  dan Achmad Syah Ronie, M.Pd. melakukan sharing proses awal (Pra Produksi) penyusunan naskah dari materi pembelajaran yang diampu oleh masing-masing guru dilanjutkan dengan tips dalam Proses Produksi pembuatan video pembelajaran tersebut. Pemilihan materi yang tepat untuk dibuat dalam cerita/ naskah siap untuk di produksi. Kegiatan dilanjutkan oleh Ika Purwati, S.Si. untuk melakukan proses Pasca Produksi dalam penggabungan video pembelajaran yang sudah dibuat oleh guru dengan menggunakan aplikasi khusus.

Antusiasme juga ditunjukkan oleh tim SMK Hidayah dengan semangat mengikuti kegiatan tersebut. SMK Hidayah mengagendakan hasil dari kegiatan ini untuk bisa dilombakan secara intern di sekolah tersebut. Fitri M, S.Pd. bangga melihat semangat dan antusiasme pengajar di SMK Hidayah Semarang untuk menghasilkan produk setelah kegiatan ini. Tim SMK Yayasan Pharmasi juga merasakan kebanggaan tersendiri karena sudah sharing ilmu dengan SMK lain yang ada di kota Semarang.

Semoga kegiatan sharing ilmu ini dapat berlanjut dan mampu memberikan motivasi dalam meningkatkan semangat dari tenaga pendidik di kota semarang pada khususnya serta lingkup luas pada umumnya untuk selalu berinovasi memberikan materi pembelajaran yang menarik ke siswa.