Live Streaming, Technopreneurship ala SMK Nusaputera 1 Semarang

Teknologi semakin berkembang pesat. Hampir semua lini kehidupan kita identik dengan teknologi dan dikuasai oleh modernitas yang semakin tak terbendung. Demikian juga halnya dengan kewirausahaan.  Memadukan kemajuan teknologi dengan keterampilan berwirausaha atau yang disebut dengan  technopreneurship  menjadi peluang baru  yang  direspon  SMK Nusaputera 1 sebagai sekolah IT (Information Technology).

Adanya pembatasan sosial karena pandemi memberi pengaruh besar pada kegiatan yang sudah direncanakan oleh banyak instansi. Demi menghindari kerumunan, event yang awalnya dapat menghadirkan peserta, beralih menjadi ke dalam bentuk virtual atau biasa dikenal dengan istilah virtual event. Momen inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh SMK Nusaputera 1 dengan techopreneurshipnya, menjadi EO (Event Organizer) acara live streaming. Tim live streaming terdiri dari peserta didik dan 1 (satu) guru pendamping yang sekaligus bertindak sebagai manajer tim. Mereka   menghandle kegiatan mulai dari setting tempat, live streaming sampai dengan pendokumentasian acara. Berbagai event sudah diorganize oleh Tim SMK Nusaputera 1 baik di lingkungan sendiri maupun luar Nusaputera, antara lain yakni webinar, wisuda online, perayaan HUT sekolah, virtual gathering dan lain sebagainya.

Baru-baru ini tim SMK Nusaputera 1 menggawangi live streaming Talk showEducation, Your Best Investment” yang diselenggarakan oleh Komite Sekolah Nusaputera pada Sabtu, 5 Februari lalu.  Kegiatan talk show lintas negara yang diselenggarakan  di MG Setos ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. Ridwan Sanjaya (onsite) dan Bapak Budiman Wijaya, MBA (online) dari Singapura. “Senang  pastinya dapat pengalaman baru. Kali ini harus mengkondisikan bagaimana peserta onsite dan online (Zoom Meeting dan YouTube) yang berjumlah kurang lebihnya 500 orang, merasa seolah kedua narasumber yang berbeda tempat ini hadir bersama dan tanpa jarak,” kata Adrianus saat ditanya bagaimana perasaannya menjadi bagian dari tim live streaming talk show.

Technopreneurship ala SMK Nusaputera 1 dalam bentuk live streaming ini memberi kesempatan kepada peserta didik khususnya jurusan Multimedia untuk mengasah keterampilan  mereka di bidang fotografi dan videografi. Di sisi lain pengalaman mereka bekerja dalam tim, menyelesaikan masalah apabila terjadi kendala, dan bagaimana menjadikan customer puas akan hasil kerja tim tentu menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam proses belajar. “Memberi pengalaman nyata dan berharap menjadi bekal mereka untuk menjadi technopreneur sesungguhnya, satu saat nanti,” pungkas Bapak Joko Riyanto, S.Kom., sebagai guru pendamping.

Penulis : Nova Prasetyaningrum, S.Pd.

Editor: Nining Tri Palupi, S.Pd., M.Pd.

Editor: Nurul Rahmawati, S.Pd., Gr., M.Pd.