Pelatihan Publikasi Ilmiah Guru SMKN 10 Semarang

Salah satu kendala yang dihimpun dari guru-guru yang belum berhasil naik pangkat adalah kurangnya nilai Publikasi Ilmiah pada pengusulan DUPAK. Untuk itu, sekolah memberikan bimbingan kepada Guru-guru melalui Pelatihan Penyusunan Publikasi Ilmiah hari ini Selasa, 08 Pebruari 2022 pukul 13.00 WIB di ruang pertemuan.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Bapak Kepala SMKN 10 Semarang. Dalam paparannya, beliau menjelaskan ada 10 jenis Publikasi Ilmiah.

“Publikasi Ilmiah tidak hanya Penelitian Tindakan Kelas saja tetapi juga jenis-jenis lain yang bisa dibuat oleh guru untuk naik pangkat” Urai Kepala SMKN 10 Semarang secara detail dan panjang lebar.

Bapak Mohammad Suparjo sangat senang dan setuju banget dengan kegiatan Pelatihan Publikasi ilmiah ini.

“Kegiatan ini menambah ilmu saya dalam dunia tulis menulis. Bimbingan dan arahan sangat bermanfaat untuk membuat tulisan yang bermutu” Ujar Guru Pendidikan Agama Islam.

Pada kesempatan yang sama Ibu Warni setuju kegiatan pelatihan publikasi ilmiah akan menambah pengetahuan dalam menulis.

“Kegiatan sangat bermanfaat sekali untuk Bapak dan Ibu Guru dalam mengungkapkan ide/gagasan yang selama ini dipendam tidak tersalurkan. Hasil pelatihan ini sangat membantu Bapak dan Ibu Guru dalam mengajukan PAK. Saya pribadi sangat senang Pak Ardan mengadakan pelatihan ini karena dulu ketika ketika ada kegiatan seperti ini  harus mengeluarkan uang”, Ujar Bu Warni keluarkan uneg-unegnya.

Pelatihan ini sebagai ajang permulaan guru untuk mempersiapkan diri dalam membuat produk PIKI setahun ke depan. Sekolah akan memberikan pendampingan kepada guru dalam memenuhi unsur Publikasi Ilmiah dalam Usulan Kenaikan Pangkat.

SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia

Penulis : Landung Jati Ismoyo, Guru Nautika Kapal Niaga SMKN 10 Semarang