SMA Negeri 1 Tengaran Melaksanakan Penilaian Harian Bersama Secara Daring

SMAN 1 Tengaran – Seluruh siswa  SMAN 1 Tengaran Kabupaten Semarang mulai melaksanakan Penilaian Harian Bersama (PHB)  sejak hari rabu, 23 Februari 2022. Sesuai jadwal, pelaksanaan PHB akan berakhir pada hari jumat, 4 Maret 2022.

Pelaksanaan Penilaian Harian Bersama semester Genap 2021/2022 ini  berlangsung secara daring atau online.

Ditemui di ruangan kerjanya, Drs. Tri Ajar Suprapto Al Kusworo, M.Pd., Kepala SMAN 1 Tengaran, mengatakan “penilaian harian bersama ini sebagai kendali sekolah dimana setiap  guru mata pelajaran dapat memantau para siswa berkaitan dengan perkembangan akademis setiap siswa. Guru dapat mengukur atau menilai sejauh mana siswa telah memahami materi  yang telah diajarkan kepada siswa atau siswi.”

Secara keseluruhan total ada 1150 siswa/siswi yang mengikuti Penilaian Harian Bersama (PHB) semester genap tahun pelajaran 2021/2022.

Penilaian harian bersama ini  dilakukan secara daring (dalam jaringan), mengharuskan siswa memiliki perangkat elektronik seperti laptop atau smartphone untuk mengakses soal PHB dan mengerjakan soal-soal yang telah disediakan oleh setiap guru mata pelajaran.

SMA Negeri 1 Tengaran  juga menggelar PHB  secara langsung (offline), sebagai solusi bagi siswa/siswi  yang mengalami kesulitan atau tidak memiliki  perangkat elektronik smartphone atau laptop untuk mengakses dan mengerjakan soal-soal PHB. Hal ini dipertegas oleh ketua panitia PHB, Syamsul Maarif S.Pd, yang diedarkan pada hari Selasa, 22 Maret 2022 melalui grup whatsapp (WA) resmi SMAN 1 Tengaran: “Kami panitia PHB semester genap juga mohon kepada wali kelas untuk memastikan handphone  dan koneksi jaringan  siswa perwaliannya selama pelaksanaan  penilaian harian bersama  tidak  bermasalah.  Jika ada yang bermasalah wali kelas bisa meminta siswa tersebut  untuk mengerjakan soal PHB di laboratorium komputer sekolah.”

Diharapkan bahwa  siswa yang mengikuti  PHB sekolah secara langsung, menaati  protokol kesehatan yang harus dilakukan bagi siswa atau siswi, guru mata pelajaran bersangkutan, dan panitia yang hadir di sekolah untuk memantau PHB di ruang lab komputer. Deo Gratias

Penulis : Stefanus Sikone, MM., Guru PKWU SMAN 1 Tengaran