SMAN 1 Tengaran Menggelar Donor Darah

SMAN 1 Tengaran menggelar kegiatan donor darah bertempat di gedung olahraga (GOR) SMAN 1 Tengaran pada hari Kamis, 10 Maret 2022.

Ditemui saat pelaksanaan kegiatan donor darah tersebut, bapak Marjoko, S.Pd., M.Si.   sebagai wakil kepala sekolah bagian kesiswaan mengatakan “kegiatan donor darah ini merupakan program kerja rutin dari Palang Merah Remaja (PMR) SMAN 1 Tengaran (Palmasneta). Pelaksanaanya pada  semester genap dengan dukungan dari PMI Kabupaten Semarang. Lanjutnya “kegiatan diharapkan memberikan pembelajaran berorganisasi, menumbuhkan jiwa sosial dengan cara memberi peluang kepada  orang lain untuk berdonor. Syukurlah bahwa walau masih dalam masa PPKM, para pendonor yang adalah siswa, guru dan karyawan, alumni, komite sekolah dan masyarakat membuktikan bahwa banyak yang sangat  mendukung dengan kegiatan sosial kemasyarakatan.”

Sementara itu ibu Sulistyarini, S.Pd., M.Si. sebagai wakil kepala sekolah bagian kurikulum mengatakan “donor darah merupakan bentuk pendidikan karakter bagi siswa. Dengan donor darah siswa dan warga sekolah  lainnya mewujudkan nilai-nilai kemanusiaan, dan peduli kepada sesama.”

Yang terlibat langsung adalah pengurus Palang Merah Remaja (PMR) SMAN 1 Tengaran (Palmasneta) dan pembina PMR. Guru karyawan sangat mendukung kegiatan rutin tahunan ini.  Hal ini juga dikatakan oleh Daffa Jihan dari kelas XI MIPA 4 sebagai  ketua PMR SMAN 1 Tengaran. Saat ditanya mengenai cara penjaringan para pendonor, Daffa menjelaskan, “kami menyebarkan undangan melalui google form kepada pada siswa SMAN 1 Tengaran dan syukurlah bahwa kami mendapatkan tanggapan yang bagus dari para siswa, terbukti melalui antusiasme para siswa untuk mendaftar menjadi pendonor.”

Ditemui saat kegiatan donor berlangsung Dafik Soleq  mewakili PMI Kabupaten Semarang berterimakasih kepada pihak SMAN 1 Tengaran yang telah menyelenggarakan kegiatan ini secara rutin, dan  juga warga sekolah yang sangat antusias untuk mengikuti kegiatan donor darah ini. Dan katanya lagi mengakhiri, “yang jelas darah yang disumbangkan ini pasti sangat membantu saudara-saudara yang membutuhkan darah.”

 

Penulis: Stefanus Sikone, Guru SMAN 1 Tengaran – Kab. Semarang