Rajutan Prestasi SMAN 4 Semarang Di Masa Pandemi Tahun 2021

Desember 2021 merupakan bulan penghujung yang memberi cacatan terindah bagi sekolah kami, SMA Negeri 4 Semarang. Bulan-bulan sebelumnya masih merupakan rangkaian masa pandemi sejak Maret 2020. Sekalipun masa pandemi tidak menghalangi tekad dan gerak langkah kami untuk tetap mengikuti event-event Nasional. Siswa dan guru tidak berhenti untuk selalu berprestasi demikian juga sekolah,  tidak ingin tertinggal dalam hal prestasi.

Tahun 2021 merupakan tahun penuh perjuangan bagi SMA Negeri 4 Semarang karena harus mempersiapkan diri menjadi Calon Sekolah Adiwiyata Nasional 2021 (CSAN), karena dua tahun sebelumnya sudah meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Propinsi. Sekolah kami sudah merintis dari Tahun 2018 dengan memperoleh penghargaan awal sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Kota Semarang, Tahun 2019 memperoleh penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Jawa Tengah, selang dua tahun kami harus maju di tingkat Nasional. Kebetulan tahun 2021 masih masa pandemi, kami harus mempersiapkan diri sebagai Sekollah Adiwiyata Tingkat Nasional dikenal sebagai CSAN 2021. Tahapan untuk menjadi SAN di tahun 2021 kami persiapkan mulai dari awal tahun 2021 sesuai dengan ketentuan indikator yang harus dilengkapi. Awalnya kami berstatus sebagai CSAN, selanjutnya mengajukaan kelengkapan administrasi secara online kepada DLH Provinsi Jawa Tengah untuk tahap verifikasi dan memperoleh ijin maju ke Tingkat Nasional. Di DLH Provinsi Jawa Tengah kelengkapan administrasi masih melalui tahapan penilaian oleh tim penilai Tingkat Provinsi. Pada tahapan verifikasi di Tingkat Provinsi Jawa Tengah diikuti oleh utusan dari 31 Kabupaten/ Kota. Berddasarkan surat pemberitahuan dari DLHK Provinsi Jawa Tegah no. 660.1/ 8375 tertanggal 13 September 2021, menyetujui SMA Negeri 4 Semarang termasuk 30 sekolah CSAN lainnya untuk memgikuti seleksi di Tingkat Nasional. Yang membanggakan bahwa SMA Negeri 4 Semarang sebagai satu-satunya sekolah yang mewakili tahap seleksi Nasional CSAN 2021 dari Kota Semarang. Tahap berikutnya kami mengikuti penilaian online CSAN 2021 menggunakan aplikasi Sistem Informasi Adiwiyata (SIDIA). Pada tanggal 27 Oktober 2021 kami mendapatkan undangan untuk mengikuti Bimtek Sistem Informasi Adiwiyata (SIDIA) yang dilakukan secara daring Bersama 30 peserta CSAN dan 15 sekolah CSAM yang mewakili Jawa Tengah dalam seleksi Tingkat Nasional.. Setelah tahap pengisian data dalam aplikasi SIDIA selesai, data tersebut diverifikasi terlebih dahulu oleh Tim Penilai Adiwiyata Provinsi Jateng, selanjutnya disetujui untuk dinilai oleh Tim Penilai Tingkat Jawa Tengah. Data kami siap berkompetisi di ajang seleksi SAN 2021. Saat yang dinantikan tiba,  Jum’at, 24 Desember 2021 sekolah kami mendapat penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyta Tingkat Nasional Tahun 2021, dari seluruh penerima penghargaan sejumlah 344 sekolah se-Indonesia , diantara 23 sekolah  penerima penghargaan dari Provinsi Jawa Tengah dan satu-satunya sekolah di Kota Semarang yang mewakili Kota Semarang dan berhasil memperoleh penghargaan di Tingkat Nasional. Puji syukur senantiasa kami panjatkan kepada Allah SWT, semoga penghargaan ini bisa memotivasi SMA Negeri 4 Semarang untuk lebih baik.

Masih ada 1 perjuangan lagi setelah proses pengiriman data CSAN 2021 selesai, kami mencoba untuk mengikuti seleksi dalam kegiataan Unnes Green School Ranking Tingkat Nasional 2021 (UGSR 2021). Berbekal dokumen Adwiyata kami berusaha melengkapi semua data yang termasuk dalam indikator penilaian. Beberapa indikator merupakan hal baru yang harus kami persiapkan kembali. Berkat kerjasam yang baik, kami Tim Adiwiyata SMA Negeri 4 Semarang berhasil mengunggah semua data secara online pada tanggal 18 Nopember 2021. Sampai pada saat yang sangat dinantikan, akhir tahun 2021, hari Jum’at, 31 Desember 2021 berdasarkan surat No. B/5665/ UN37.6.4/TU/2021 undangan penerima anugerah pada pengumuman peringkat UNNES Green School Ranking Tahun 2021 SMA Negeri 4 Semarang termasuk 10 besar penerima anugerah UGSR 2021. Kembali kami panjatkan puji syukur pada Allah.

Begitu besar rasa syukur seluruh warga SMA Negeri 4 Semarang, sungguh capaian prestasi yang luar biasa di akhir Tahun 2021. Hanya selang waktu satu minggu kami sudah memperoleh dua penghargaan Tingkat Nasional. Prestasi yang membanggakan melengkapi prestasi dari siswa dan guru-guru kami. Semoga hal ini bisa menjadi motivasi untuk sekolah – sekolah yang lain di wilayah Jawa Tengah untuk tetap semangat berpretasi walaupun di masa pandemi.

Penulis : Siti Ekowati, M.Pd (Wakasek bidang Sarpras SMA N 4 Semarang)