SMKN 4 Semarang wujudkan siswa Religius, berprestasi, kompeten melalui kegiatan keagamaan

Kegiatan bulan Suci Ramadhan di SMKN 4 Semarang diisi dengan kegiatan keagamaan antara lain kegiatan Pesantren Ramadhan untuk siswa beragama Islam dan Kegiatan kerohanian untuk siswa beragama kristen dan katolik, kegiatan ini berlangsung mulai hari selasa tanggal 5 April 2022 sampai dengan Senin 25 April 2022 pukul 08.00 sd 11.00 WIB di Aula SMKN 4 Semarang diikuti kelas X dan XI tahun pembelajaran 2021/2022.

Menumbuhkan karakter pelajar Pancasila diantaranya adalah menumbuhkan siswa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, SMKN 4 Semarang tahun ini mengambil langkah positif dengan kegiatan pembentukan karakter. Kegiatan pesantren ini telah berlangsung dari tahun ke tahun, tetapi pada tahun 2022 ini  SMKN 4 Semarang menekankan pada pembentukan karakter religi pada setiap siswa.

Ilmu dan Ahlak merupakan hal yang berjalan beriringan , dengan ilmu hidup menjadi mudah dan dengan ahlak hidup memjadi terarah. Kegiatan yang diikuti siswa kelas X dan XI dari 9 kompetensi keahlian yang ada di SMKN 4 Semarang antara lain kompetensi keahlian TKRO, EIN,DKV,DPIB,TM,AN,DPIB,TBSM,TITL berlangsung secara tertib dan hidmat.

Drs Bambang Sujatmiko,M.Si sebagai kepala SMKN 4 Semarang  mengapresiasi kegiatan keagamaan di bulan Ramadhan ini, keberagaman agama yang ada di SMKN 4 Semarang bukan menjadi halangan untuk menumbuhkan karakter beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang maha Esa. Membentuk siswa yang beilmu dan berakhlak menjadikan siswa berkepribadian yang baik dan berkarakter kuat.

Eko Sugiyono,S.Pd,M.Si sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan menyatakan bahwa kegiatan Pesantren Ramadhan tahun ini merupakan  kegiatan dengan kolaborasi antara guru – guru pengajar agama dan juga guru lain yang bertugas sebagai nara sumber dengan materi Sejarah islam,Rukun Islam, Hukum Islam.

Peraturan atau tata tertib pada kegiatan pesantren ini antara lain siswa mengenakan baju muslim, siswa datang sebeum pukul 08.00, mematuhi protocol kesehatan, Beliau juga menyebutkan kegiatn keagamaan ini bukan hanya untuk siswa beragama Islam, tetapi untu siswa beragama non islam juga mengadakan acara kerohanian yang dibimbing oleh  guru  Kristen dan Katolik di perpustakaan SMKN 4 Semarang.

Baca juga di :
https://www.smk4smg.sch.id
https://www.pdkjateng.go.id/p/berita

Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubbin SMKN4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom