Kunjungan Kacabdin Wilayah I Provinsi Jawa Tengah di SMAN 7 Semarang

Semarang – Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Provinsi Jawa Tengah, Bapak Sunarto, S.Pd., M.Pd., memberikan motivasi kepada Guru dan Karyawan SMA Negeri 7 Semarang dalam menjalankan tugas dan kewajibannya. Motivasi tersebut disampaikan dalam rangka kunjungan ke SMAN 7 Semarang pada Senin, 18 April 2022. Sebelum memulai sambutan, beliau mengajak para guru dan karyawan untuk melakukan ice breaking.

“Coba Bapak dan Ibu semua, angkat tangan ke atas seperti sedang memutar bola, kemudian putar ke kanan-kiri dengan penuh kekuatan. Apa yang Bapak dan Ibu rasakan? Bapak dan Ibu semua pasti merasakan seperti memegang bola angin,” perintah Bapak Sunarto, S.Pd., M.Pd. dalam sesi ice breaking.

Beliau Bapak Sunarto, S.Pd., M.Pd. memberikan gambaran bahwa ada hal-hal yang tidak bisa dilihat, namun bisa dirasakan di dunia ini. Dari hal tersebut, para guru dan karyawan dihimbau untuk lebih peka terhadap tugas dan tanggungjawabnya di SMAN 7 Semarang. Setelah ice breaking yang dilakukan selesai, Bapak Sunarto, S.Pd., M.Pd. juga meminta guru dan karyawan menghafalkan sebuah lagu yang berjudul ‘Demi Matahari,’ yang harapannya dapat dijadikan sebagai pegangan hidup.

Selain kehadiran Kacabdin Wilayah I, kegiatan kunjungan ini juga dihadiri oleh Bapak Gunawan. Beliau berpesan untuk semakin menguatkan karakter peserta didik. Strategi yang dapat dilakukan dalam pelajaran yaitu dengan 5+40. Maksudnya adalah, lima menit untuk memperbaiki perilaku dan empat puluh menit untuk kompetensi. Sehingga mampu mewujudkan peserta didik yang benar dan cerdas.

“Saat usia 100 tahun Indonesia nanti, siswa yang Bapak dan Ibu ajar hari inilah yang akan menjadi pemimpin bangsa Indonesia. Kita semua harus mempersiapkan mereka menjadi pemimpin-pemimpin hebat. Untuk itu Bapak dan Ibu semua, saya titip amanah kepada guru-guru SMAN 7 Semarang, gunakan waktu 5 menit dalam pembelajaran untuk mengingatkan para siswa tentang ketuhanan, perjuangan orang tua, dan juga perjuangan para guru. Jika siswa ingat tiga hal tersebut, semoga mereka menjadi siswa yang berkarakter.”

Acara kunjungan tersebut dibuka dan dipandu langsung oleh Bapak Sugiyo, S.Pd., M.Kom., Kepala SMAN 7 Semarang.

 

Penulis : Humas SMAN 7 Semarang

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang