Penguatan Kapasitas Guru Kewirausahaan SMK Mataram Semarang, Melalui Program Rasio Universitas Prasetiya Mulya Jakarta

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut semua sektor untuk menyesuaikan diri dan bergerak menuju percepatan perkembangan industri dan budaya kerja yang diterapkan oleh industri. Dalam hal ini, SMK Mataram Semarang mengikuti program Rumah Inspirasi dan Konsultasi Bisnis Online (RASIO) yang diselenggarakan oleh Universitas Prasetiya Mulya. Program yang berlangsung dari tanggal 12 hingga 19 April 2022 dengan materi seputar kewirausahaan seperti Inspirasi dan Proses Kewirausahaan, serta Proses Mengenali dan Menjawab kebutuhan konsumen. Terdiri atas dua jenis kegiatan, yakni 3 hari pemaparan materi dan diakhiri dengan ujian presentasi akhir dari tiap-tiap sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru kewirausahaan agar dapat mempersiapkan lulusannya untuk siap bekerja sesuai dengan kompetensinya.

Selain itu keberhasilan dalam mencetak lulusan tenaga kerja tingkat menengah yang memiliki keterampilan dan kemampuan bersaing di dunia industri, tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Utamanya ketika peserta didik melewati proses pembelajaran di sekolah. Di SMK Mataram karakter dan mental kewirausahaan sangat di tekankan dalam pembelajaran, karena hal ini sangat mempengaruhi cara mereka dalam mengelola dan menjalankan kegiatan usaha atau industrinya.

Dengan mengangkat tema “Penguatan Kapasitas Guru Kewirausahaan SMK” program RASIO menghadirkan 30 guru kewirausahaan dari 10 SMK terpilih sebagai peserta. Salah satunya adalah SMK Mataram Semarang yang diwakili oleh tiga guru sebagai peserta yaitu Dita Aulia R N F, S.M, Triaji Sigit Purnomo, S.Pd, dan Dessi Ratna Sari, S.Kom. Dari ketiga guru tersebut diharapkan bisa menyalurkan ilmu yang didapat dari pelatihan sehingga bisa lebih membentuk karakter dan mental kewirausahaan pada peserta didik.

Program RASIO ini didukung langsung oleh Dekan Sekolah Bisnis dan Ekonomi Universitas Prasetiya Mulya yaitu Bapak Fathony Rahman, DBA. Direktur Program Sarjana Sekolah Bisnis dan Ekonomi Universitas Prasetiya Mulya Bapak Handyanto Widjojo dan  Dosen & Praktisi Sociopreneur Bapak M Setiawan Kusmulyono.

Penulis : Humas SMK Mataram