Merujuk pada surat dari  Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 4248/2/JPI.05.03/IV.2022. perihal Undangan Peserta Kegiatan Koordinasi Mitra Jejaring Indonesia (Onesearch Wilayah Jawa Tengah). Kepala SMKN 4 Semarang Drs.Bambang Sujatmiko,M.Si mendelegasikan kepada Wilda Febriyana,S.Pd sebagai Kepala Perpustakaan SMKN 4 Semarang guna mengikuti kegiatan tersebut.

Hari Selasa, 24 Mei 2022 bertempat di Ballroom Noormans Hotel Semarang, kegiatan yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI bersama dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan Provinsi jawa tengah berkerja sama dengan Indonesia One Search, IOS mengundang Pengelola Perpustakaan Perguruan Tinggi, Perpustakaan Umum, Perpustakaan Sekolah dan Perpustakaan Khusus. Kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid ini dihadiri oleh 70 peserta pengelola perpustakaan di jawa tengah yang hadir di Ballroom hotel dan 225 peserta mengikuti ruang meeting zoom. Koordinasi ini menghadirkan co-founder Indonesia One Search, Ismail Fahmi, Ph.D bersama tim developer IOS.

Acara di awali dengan upacara pembukaan yang dibuka oleh MC dilanjutkan dengan laporan panitia kegiatan Perpusnas RI, Ibu Rifa Fadilah. Sambutan – sambutan diberikan oleh Kepala Pusdatin, Dr. Taufik Abdul Ghani, S.Kom., M.Eng., Sc. Melalui zoom meeting dan dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan jawatengah yang diwakilkan oleh Nasib, S.Sos., MM.

Indonesia One Search (IOS) adalah portal pencarian tunggal untuk semua koleksi publik dari perpustakaan, museum, dan arsip di seluruh Indonesia. Selain itu, portal ini juga menyediakan akses ke sumber elektronik internasional (e-resources) yang dilanggan oleh Perpusnas RI untuk semua anggota yang terdaftar.Untuk bergabung dengan IOS, setiap repositori harus menyediakan API berbasis OAI-PMH (Open Archive Initiatives), sebuah protokol pengambilan metadata yang sudah digunakan oleh 75% lebih repositori di dunia.

Berdasarkan data tahun 2016, jumlah perpustakaan di Indonesia sebanyak 61.621 perpustakaan Sekolah, 1106 Perpustakaan Perguruan Tinggi, 2354 perpustakaan Umum, dan 1186 perpustakaan Khusus. Namun sejauh ini, baru 3513 perpustakaan yang telah bergabung dengan IOS. Tujuan dari IOS, Indonesia One Search adalah menjadi portal satu pintu untuk segala pencarian koleksi bahan bacaan dari segala institusi, perpustakaan, museum, maupun jurnal atau buku digital.

Keberadaan Indonesia One Search dapat mendukung promosi suatu daerah, dapat menjadi landasan untuk pelaporan smart city.

Rundown acara kegiatan tersebut antara lain: Presensi dilanjutkan Upacara pembukaan serta laporan ketua panitia dari perpustakaan nasional RI, Ibu Rifa Fadilah dilanjutkan sambutan kepala bidang perpustakaan dinas arsip dan perpustakaan propinsi jawa tengah, bapak Nasib,S.Sos.,MM, disusul sambutan Kepala Pusdatin Dr.Taufik Abdul Ghani,S.Kom.,M.Eng.,Sc.Melangkah ke pemateri I oleh Ismail Fahmi,Ph,D dengan materi Pengenalan Indonesia One Search serta Tim IOS Faizal dengan materi Praktek IOS dilanjut sesi tanya jawab, Acara ditutp pada pukul 15.30.

Baca juga di :
https://www.smk4smg.sch.id
https://www.pdkjateng.go.id/p/berita

Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubin SMKN 4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom