Implementasi 8 + i SMKN 3 Semarag Ikut Workshop Daihatsu

Semarang, 1-3 Juli 2022 – Kegiatan workshop new integrated curriculum Pintar Bersama Daihatsu diselenggarakan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada hari Jumat s.d. Minggu, 1 s.d. 3 Juli 2022 bertempat di Dominic Hotel Purwokerto. Pada kesempatan tersebut, SMKN 3 Semarang yang merupakan salah satu SMK Binaan PT Astra Daihatsu Motor melalui program Pintar Bersama Daihatsu ikut andil dalam kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari. Kegiatan workshop diikuti oleh 174 peserta dari 87 SMK Binaan yang terdiri atas Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan Ketua Program Keahlian yang tergabung dalam program Pintar Bersama Daihatsu. Hadir dalam kegiatan tersebut Bapak Kirana Billy selaku Pimpinan PT Astra Daihatsu Motor Divisi Corporate Social Responsibility.
Kegiatan workshop tersebut membahas seputar kurikulum yang akan diimplementasikan oleh SMK Binaan PT Astra Daihatsu Motor. “Kurikulum yang disusun harus dapat dilaksanakan bukan hanya sekadar di dokumentasikan” ujar Hazzairin selaku koordinator bidang Kurikulum Pintar Bersama Daihatsu. Kurikulum yang dikembangkan bersama industri diharapkan mampu menyiapkan calon tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh industri.
Pembelajaran yang diterapkan di SMK harus mengarah pada pembelajaran pabrik (teaching factory), pembiasan budaya kerja industri, pembelajaran berbasis masalah (PBL), dan pembelajaran berbasis projek (PjBL). Penguatan budaya kerja industri dilakukan melalui projek penguatan profil pelajar pancasila yang dilaksanakan dengan 2 tema wajib dan 1 tema pilihan dalam satu tahun pelajaran. Pendidikan karakter harus mampu menuntun tumbuhnya perilaku baik dalam hidup siswa supaya mereka kelak menjadi manusia berpribadi yang beradab.