Penjaringan Kesehatan SMKN Satu Atap Tuntang oleh UPTD Puskesmas Gedangan

Kamis, 11 Agustus 2022, UPTD Puskesmas Gedangan dengan sejumlah 6 (enam) tenaga kesehatan melaksanakan penjaringan kesehatan peserta didik SMK Negeri Satu Atap Tuntang. Penjaringan kesehatan ini dilaksanakan secara berkala, bagi peserta didik dari kelas X (sepuluh) sampai dengan XII (dua belas). Penjaringan kesehatan anak sekolah atau screening adalah salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan, agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin serta tersedianya data atau informasi untuk menilai perkembangan kesehatan peserta didik.

Penjaringan kesehatan merupakan serangkaian kegiatan yang meliputi pengisian kuesioner oleh peserta didik, pemeriksaan fisik dan penunjang oleh tenaga kesehatan bersama-sama kader kesehatan remaja dan guru sekolah. Penjaringan kesehatan peserta didik meliputi pertama pemeriksaan fisik seperti berat badan, tinggi badan, penglihatan, pendengaran, gigi, gizi dan lain-lain. Kedua, status imunisasi seperti vaksinasi. Ketiga, kesehatan intelegensia seperti kesulitan belajar. Keempat, kesehatan mental. Kelima, kesehatan reproduksi. Selanjutnya pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan hemoglobin dan kecacingan. Terakhir yakni kebugaran jasmani.

“Tes screening ini juga dapat mendeteksi 9 (sembilan) penyakit seperti kanker payudara, osteoporosis, tuberculosis, kanker usus, abdominal aortic aneurysm (AAA), penyakit kandung empedu, kanker ovarium dan stenosis arteri karotis,” kata Pujiati, S.KM., salah satu tenaga kesehatan yang bertugas.

Di samping itu, salah satu peserta didik juga memberikan pendapatnya terkait penjaringan kesehatan atau screening yang dilaksanakan di SMKN Satu Atap Tuntang. “Setelah penjaringan kesehatan tadi, saya merasa lebih tenang karena dapat mengetahui kondisi tubuh saya. Saya juga mendapatkan informasi terkait penyakit yang mungkin saya derita,” ungkap Sani Miftakhurohman, peserta didik kelas X (sepuluh) Teknik Otomotif 2.

 

Penulis          : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN Satu Atap Tuntang