SMKN 6 SEMARANG, PUSAT BELAJAR GURU SMK TATA BUSANA SE-INDONESIA

Tahun 2022 SMK Negeri 6 Semarang dipercaya untuk ketiga kalinya oleh Balai Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Bisnis dan Pariwisata sebagai pusat belajar guru SMK Tata Busana dari penjuru Indonesia. Sejumlah 40 guru melakukan magang industri di Kota Semarang selama 18 hari. Kepala SMKN 6 Semarang yaitu Dra. Almiati, M.Si. menerangkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 40 guru SMK Tata Busana dari 17 provinsi di Indonesia dan dimulai pada tanggal 9 September 2022.

Project dari pelaksanaan kegiatan Up Skilling dan Re Skilling tersebut yaitu fashion show. Fashion show menampilkan hasil karya dari peserta atau guru magang industri. SMKN 6 Semarang menggandeng beberapa desainer dan pemerhati fashion ternama seperti Classic House of Fashion by Kemas Ryan Sunaryo, Inge Chu Fashion Designer by Tjoe Sui Eng, Christine Wibowo Fashion Designer by Christine Sugijati Wibowo, Fenny Chen Fashion Designer by Tjen Fenny Tjandra, Zoe_Zoe by Sudarna Suwarsa, Agustin Fashion Designer by Agustrin Ngahu, Bajoekoe Kebaya by Ferry Setiawan, dan Butik Ina Priyono by Ratih Dinawati.

Edy Rismunandar selaku Koordinator Pengembang Penjaminan Mutu BBPPMPV juga menerangkan bahwa program ini merupakan salah satu program pemerintah untuk mempersiapkan bonus demografi 2030. Sekolah vokasi harus memiliki guru yang hebat untuk menghasilkan peserta didik yang luar biasa hebat.

 

Penulis : Humas SMKN 6 Semarang

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., SMKN 1 Tuntang