Meriahnya Peringatan Hari Santri dan Perayaan Bulan Inklusi Keuangan 2022

Peringatan Hari Santri 2022 di SMA Negeri 4 Semarang pada Senin 24 Oktober 2022, berlangsung meriah diikuti seluruh guru, staff, karyawan, serta peserta didik SMAN 4 Semarang. Kami kompak mengenakan pakaian muslim bernuansa putih. Peringatan Hari Santri tahun ini dilaksanakan serentak dengan perayaan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2022 bertema “Inklusi Keuangan Meningkat, Perekonomian Semakin Kuat.” Yang mana digelar oleh tim OJK Provinsi Jawa Tengah menggandeng tim Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah. Kegiatan dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB hingga pukul 10.30 WIB di lapangan basket SMAN 4 Semarang.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Kepala SMAN 4 Semarang, Ibu Wiwin Sri Winarni, S.S. Kemudian dilanjutkan pidato dari Direktur Bisnis Dana Jasa dan UMKM Bank Jateng, Bapak Irianto Harko Saputro, pidato dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah, Ibu Dr. Uswatun Hasanah, S.Pd., M.Pd., serta Deputi Pengawasan OJK Jateng dan DIY, Ibu Uun Ilyana. Dalam pidatonya, Ibu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah menegaskan bahwa, “Pembiasaan pengelolaan keuangan harus diterapkan sedini mungkin. Dengan adanya berbagai program kegiatan perayaan Bulan Inklusi Keuangan, diharapkan para siswa dapat membangkitkan budaya menabung salah satunya dengan membuka rekening simpanan pelajar di Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah sebagai salah satu kontribusi ekonomi terhadap pemerintah daerah.”

Peringatan BIK berlangsung meriah dengan berbagai permainan, di antaranya terdapat kompetisi jargon antarkelas, lomba cerdas cermat yang berkaitan dengan OJK dan keuangan, serta pertandingan persahabatan antara tim basket SMAN 4 Semarang dengan tim basket Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Adapun pemberian apresiasi berupa buku tabungan SimPel (Simpanan Pelajar) kepada peserta didik berprestasi yakni Laica Alfatira kelas EX-5, peraih 13 medali emas dalam olimpiade akademik, Dimas Fathin Maheswar akelas XI MIPA 5, peraih medali terbanyak cabang karya ilmiah tingkat nasional dan internasional tahun 2021 hingga 2022, dan Asadel Athariandi Kusuma kelas XII IPS 1, peraih medali emas dalam PON Papua 2022 cabang olahraga panahan. Apresiasi berupa uang pembinaan juga diserahkan kepada tim basket SMAN 4 Semarang.

Acara ditutup dengan penyerahan simbolis laptop sebagai bentuk apresiasi pendidikan dari Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah kepada SMAN 4 Semarang yang diwakili oleh Ibu Wiwin Sri Winarni, S.S., disambung pertandingan persahabatan SMAN 4 Semarang dengan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga dan kegiatan foto bersama.

 

Penulis : Humas SMAN 4 Semarang

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang