Perencanaan Berbasis Data SMKN 10 Semarang

Gelaran Pra Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) minggu ke 3 telah dilaksanakan pada Jumat, 21 Oktober 2022. Gelaran ini diadakan di Ruang Baita Adiguna SMKN 10 Semarang. Narasumber yang dihadirkan adalah Drs. Pandoyo Edi Hartomo, M.Pd selaku Pengawas SMKN 10 Semarang. Peserta undangan dalam Pra Musrenbang ini berasal dari Manajemen SMKN 10 Semarang, SMAN 16 Semarang, dan SMPN 27 Semarang.

Tema yang diusung pada Pra Musrenbang adalah Perencanaan Berbasis Data (PBD). Perencaan Berbasis Data ini sendiri merupakan bentuk pemanfaatan data rapor pendidikan sebagai bentuk intervensi satuan maupun dinas pendidikan maupun pemerintah daerah terhadap mutu dan capaian pendidikannya. Tujuan PBD untuk memberikan perbaikan pembelanjaan anggaran serta pembenahan sistem pengelolaan satuan pendidikan yang efektif, akuntabel dan konkret.

Selain itu, PBD juga disesuaikan dengan kebutuhan satuan pendidikan atau dinas berdasarkan identifikasi masalah yang berasal dari data pada platform Rapor Pendidikan yang kemudian mendorong satuan pendidikan dan dinas pendidikan untuk melakukan pembenahan melalui penyusunan  kegiatan peningkatan capaian berdasarkan hasil identifikasi dan refleksi terhadap capaian di Rapor Pendidikan dan kondisi lapangan.

Setiap unit manajemen SMKN 10 Semarang diberikan tugas untuk menyusun Perencanaan Berbasis Data. Waktu yang dibutuhkan sampai minggu ke 2 bulan November 2022. Besar harapan sekolah bahwa pembangunan SMKN 10 Semarang melibatkan semua komponen sekolah.

Penulis : Riska Nur Sa’diyah, Guru Matematika SMKN 10 Semarang