Kunjungan Industri Dalam Rangka Sinkronisasi Kurikulum Serta Link & Match Teknik Pengelasan Bersama PT. Promanufacture Indonesia

Untuk mendukung program link & match antara DUDIKA, SMK Negeri 10 Semarang sebagai sekolah kejuruan wajib untuk selalu update tentang teknologi masa kini yang di butuhkan oleh industri.

Menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten dalam bidang pengelasan adalah suatu target yang ingin dicapai oleh Kompetensi Keahlian Teknik Pengelasan SMK Negeri 10 Semarang yang menghasilkan banyak lulusan setiap tahunnya. Untuk memperoleh sinkronisasi kurikulum dengan kebutuhan yang ada di industri dalam bidang pengelasan, SMK Negeri 10 Semarang menggandeng industri yang berkonsentrasi pada bidang manufactur dan welding.

Kamis, 27 ktober 2022, segenap Guru produktif Kompetensi Keahlian Teknik Pengelasan bersama jajaran manajemen SMK Negeri 10 Semarang melaksanakan kunjungan industri ke PT. Promanufacture Indonesia (FORMULATIX) yang berlokasi di Salatiga, Jawa Tengah. Dalam kunjungan tersebut tim SMK Negeri 10 Semarang berkesempatan untuk dapat berdiskusi langsung dengan user bagian engineering dan maintenance. Pihak manajemen PT. Promanufacture Indonesia menjelaskan bahwa dalam kemitraan ini siap berkomitmen mendukung program sekolah dalam bentuk penguatan materi pembelajaran, tempat magang siswa, dan rekruitmen lulusan.

Banyak juga masukan dan saran yang diberikan oleh mitra industri untuk mendukung kurikulum dan kompetensi yang link & match dengan kebutuhan di industri. Penguatan karakter, disiplin K3 dan kompeten dalam pengelasan SMAW, GMAW, GTAW ditambah laser cutting, bending. menjadi topik utama dalam diskusi tersebut. Harapannya dari pemetaan ini, dapat mengetahui kebutuhan kompetensi dan kurikulum yang dibutuhkan oleh mitra industri, sehingga calon lulusan siap terjun langsung diserap dan bekerja di industri.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Ilham Agum, S.Pd., Guru Mapel Produktif TP

Editor: Tim Humas