UPZ Disdikbud Propinsi Jawa Tengah Salurkan Bantuan Masjid SMKN 10 Semarang

Selasa, 8 November 2022 UPz Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah serahkan bantuan untuk pembangunan Masjid Baitul Iman, SMK Negeri 10 Semarang yang diserahkan secara langsung oleh Bapak Suyanta, S.Pd, M.Pd selaku Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah kepada Bapak Ardan Sirodjuddin, S.Pd selaku Kepala SMK Negeri 10 Semarang yang didampingi oleh segenap panitia pembangunan Masjid Baitul Iman dan jajaran Manajemen.

Penyerahan bantuan disambut dengan meriah oleh Siswa-siswi yang masuk dalam anggota  ekstra Rebana yang dibimbing oleh guru PAI di Masjid Baitul Iman. Bapak Suyanta, S.Pd, M.Pd mengatakan bahwa ekstra Rebana merupakan salah satu bentuk penerapan  Pendidikan Karakter yang memiliki nilai utama religiusitas. Diperlukan strategi khusus agar dapat menanamkan nilai-nilai karakter pancasila dalam diri peserta didik, salah satunya dengan cara mengimplementasikan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah dan religi sehingga siswa dapat mempraktikkan teori-teori yang didapatkan dalam kelas.

Selain itu, siswa dapat menghayati bagaimana kerja keras dalam menghasilkan suatu produk, peduli terhadap kerja keras, menghargai sesama, dan juga dapat mensyukuri berkah sehingga membentuk karakter. Beliau juga berpesan agar anak-anak untuk bisa berlatih berinfaq setiap hari guna menghasilkan produk yang luar biasa yaitu terwujudnya pembangunan Masjid Baitul Iman agar bisa segera digunakan sebagai tempat ibadah di lingkungan SMK Negeri 10 Semarang.

Bapak Suyanta, S.Pd, M.Pd juga memberikan kiat cara mencari dana atau penggalian dana lewat alumni, siswa, bapak/ibu guru dan karyawan SMK Negeri 10 Semarang.  

Ketua Panitia Pembangunan Masjid Baitul Iman, Drs.Mustofa mengatakan Masjid Baitul Iman direhap kembali tahun 2019 dimana merupakan tahun yang sulit karena pandemi covid sehingga saat itu tidak bisa menggali dana untuk pembangunan masjid secara maksimal.  Dengan adanya bantuan ini kami berharap masjid ini akan menjadi berkah bagi semua warga di lingkungan SMK Negeri 10 Semarang dan menjadi penguat untuk bisa tenang dan khusyuk dalam menjalankan ibadahnya. Kami atas nama keluarga besar SMK Negeri 10 Semarang mengucapkan terimaksih yang sebesar besarnya atas bantuan dana untuk pembangunan Masjid Baitul Iman.

Penulis : Panitia Pembangunan Masjid Nurul Iman SMKN 10 Semarang