SMKN 1 PRINGAPUS RAIH JUARA 1 NASIONAL OLIMPIADE PARIWISATA UGM 2022

SMK Negeri 1 Pringapus berhasil meraih juara 1 Nasional perlombaan Cipta Video dalam acara Olimpiade Pariwisata, yang diselenggarakan oleh Jurusan Pariwisata Universitas Gajah Mada Yogyakarta Tahun 2022. Perlombaan tersebut diselenggarakan tanggal 25 Oktober 2022 dengan mengusung tema “Re-Branding: Indigenous Community, Nature and The Unity.” Tim SMKN 1 Pringapus digawangi oleh Bapak Agung Lintas Asmara, S.Pd.Kom. sebagai penanggung jawab, Mohammad Ridho Ramadhani sebagai ketua tim, cameraman 2 dan scriptwriter, lalu Muhammad Ainun Na’im sebagai operator drone dan asisten director, Muhammad Ibnu Tamam sebagai cameraman 1 dan asisten editor, Lion Baradananta sebagai operator drone 2, Choerunisa Fatin Mujah sebagai telent, Gibran Xavier sebagai editor utama, Dwiyan Yosia sebagai scriptwriter 2 dan Keiza Nayla Larasati sebagai pengarah.

Tim SMKN 1 Pringapus sepakat memilih 4 tempat yang dianggap unik dan layak untuk menjadi destinasi wisata yang ada di Kabupaten Semarang yaitu Rawa Pening, Benteng Pendem, Gumuk Reco dan Rumah Produksi Kopi Sepakung “Mbah Bedjo.” Keempat tempat tersebut dianggap memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri, namun belum banyak orang yang tahu. Sehingga Tim SMKN 1 Pringapus tertarik untuk mengangkat keempat destinasi wisata itu agar lebih banyak lagi masyarakat yang mengetahui tentang keindahan, keunikan dan keistimewaannya.

TIim SMKN 1 Pringapus memulai proses shooting pada tanggal 17 Oktober sampai dengan 21 Oktober 2022. Muhammad Ridho Ramadhani sebagai ketua tim memaparkan bahwa pada proses shooting, mereka harus bergelut dengan cuaca yang sangat tidak menentu. Tanggal 17-18 Oktober mereka manfaatkan untuk survey lokasi shooting dan perijinan. Pada hari berikutnya mereka melakukan shooting di semua lokasi yang sudah disepakati sebelumnya yaitu Rawa Pening, Benteng Pendem, Gumuk Reco dan Rumah Produksi Kopi “Mbah Bedjo.” Hujan dan panas tidak lagi mereka hiraukan, terkadang pula mereka harus tetap menjalankan proses shooting dalam keadaan basah kuyup. Namun itu semua tidak menyurutkan tekat dan semangat dalam mengikuti perlombaan ini. Terbatasnya waktu yang dimiliki membuat mereka harus sesegera mungkin menyelesaikan apa yang sudah mereka mulai dengan waktu yang sesingkat-singkatnya dan hasil yang semaksimal mungkin.

Video berjudul “Ambarawa-The Unseen Side” berhasil dibuat dan diupload pada waktu yang sudah ditentukan oleh panitia penyelenggara. Tanggal 30 Oktober 2022, panitia penyelenggara mengumumkan pemenang Cipta Video Olimpiade Pariwisata UGM melalui live streaming channel YouTube Olimpiade Pariwisata UGM. Menjadi sebuah kebanggaan Tim SMKN 1 Pringapus karena berhasil menyabet Juara 1 Lomba Cipta Video Tingkat Nasional Olimpiade Pariwisata UGM Tahun 2022. Semua adalah berkat kerjasama, kerja keras, semangat dan cita-cita tim solid yang begitu luar biasa dituangkan dalam sebuah karya yang mereka beri judul “Ambarawa-The Unseen Side.”

 

Penulis : Ajeng Virga, Divisi Digital Marketing SMKN 1 Pringapus

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang