Bimbingan Mental (BINTAL) Staff  Taruna Jurusan Konstruksi Kapal Baja SMKN 10 Semarang

Dalam rangka mewujudkan bangsa yang berbudaya dengan nilai-nilai pancasila, pemerintah memandang perlu adanya penguatan pendidikan karakter. Atas dasar pertimbangan tersebut maka Kompetensi Keahlian KKB (Konstruksi Kapal Baja) telah melaksanakan kegiatan bimbingan mental (bintal). Bintal dilaksanakan pada Jumat, 11 November 2022 dan Senin, 14 November 2022 pukul 08.00 s.d 15.15 WIB bertempatkan di Bengkel Jurusan TKKB SMK Negeri 10 Semarang.

Bintal merupakan kegiatan jurusan KKB yang wajib diikuti oleh siswa pilihan yang ingin menjadi calon staff untuk membangun dan membekali siswa sebagai generasi dengan jiwa pancasila dan pendidikan karakter yang baik guna menghadapi dinamika di masa depan. Kegiatan ini juga disertai pemilihan calon staff baru yang merupakan siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Konstruksi Kapal Baja Tahun Pelajaran 2022/2023.

Adapun tujuan kegiatan pemilihan calon staff baru yaitu meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, menumbuhkan rasa cinta terhadap Nusa dan Bangsa, melatih ketahanan mental, memperkuat rasa persaudaraan, memiliki jiwa corsa, membina dan mendidik Taruna-Taruni/Siswa SMK Negeri 10 Semarang khususnya untuk Program Keahlian KKB untuk menjadi Taruna-Taruni/Siswa yang berkompeten dan mampu bersaing di bidangnya serta menyatukan visi dan misi sebagai calon Taruna-Taruni/Siswa yang cerdas, terampil, tertib dan disiplin.

Siswa-Siswi program keahlian KKB yang terpilih akan melanjutkan tugas para staff yang terdahulu. Dengan harapan dapat mendidik adik-adik kelasnya dengan apa yang sudah diperoleh dari kegiatan bintal agar lebih baik kedepannya dan mendapatkan pendidikan penguatan karakter melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga.

Penulis : Widakdo, KKK KKB SMKN 10 Semarang

Editor : Riska Nur Sa’diyah, Guru Matematika SMKN 10 Semarang.