Cool and Smart! Yuandrika Siswa SMAN 3 Semarang  Juara Sains Nasional

Ramah dan murah senyum bukanlah kesan umum untuk seorang siswa yang punya hobi sains dan meneliti. Adalah Yuandrika Miftakhurrachman, seorang siswa SMA Negeri 3 Semarang kelas XII (dua belas) MIPA yang menyandang berbagai prestasi nasional. Siswa yang nampak cool dan kalem ini ternyata mempunyai hobi sains dan penelitian yang luar biasa di bidang Kimia. Putra Bapak Bambang Darmo dosen Fakultas Teknik Universitas Diponegoro dan Ibu Mirdasanti Dyah seorang ASN ini menunjukkan capaian yang spektakuler dalam berbagai ajang olimpiade bidang Kimia tingkat nasional.

Pertama, medali emas Olimpiade Sains Pemuda Nasional (OSPN) yang diadakan oleh Lembaga Prestige pada 15 Mei 2022. Medali emas kedua diraih pada Olimpiade Sains Indonesia Hardiknas (OSI-H) yang diadakan oleh Yayasan Pusat Prestasi Indonesia, 5 Juni 2022. Berikutnya medali emas pada Kompetisi Sains Berprestasi Nasional (KSBN) yang diadakan oleh Lembaga Prestige, 3 Juli 2022. Selanjutanya pada ajang Olimpiade Sains Akbar Nasional (OSAN) yang diadakan Yayasan Pusat Prestasi Indonesia, 7 Agustus 2022 Yuandrika juga memperoleh medali Emas. Semua lomba tersebut diadakan secara online dan berlevel nasional dengan peserta dari seluruh penjuru Indonesia.

Ucapan terima kasih dikhususkan kepada para pembimbing, Ibu Dra. Sri Lestari Pudjiastuti dan Ibu Elsa Ari, S.Pd. yang telah mengarahkan dengan penuh kesabaran dan memberikan kesempatan mengikuti beberapa ajang lomba tersebut. Kepada teman-temannya siswa SMAN 3 Semarang Yuandrika berpesan bahwa perjuangan tidak akan mengkhianati hasil. “Memang tidak mudah, tapi jika terus berusaha dan berdoa pasti akan ada jalan untuk meraih mimpi.” Selamat dan teruslah berprestasi!

 

Penulis : Arief Syoga, Wakakom SMAN 3 Semarang

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang