Membangun Karakter Profil Pancasila melalui Kemah Duta Sehat Pelajar Jawa Tengah

Pada hari Sabtu dan Minggu, 12-13 November 2022 SMK Negeri 10 Semarang mengikuti Kemah Duta Sehat Pelajar Se-Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Universitas Ngudi Waluyo Kabupaten Semarang. Acara kemah pelajar ini bertujuan untuk mengimplementasikan profil Pelajar Pancasila seperti yang tertuang dalam Kurikulum  Merdeka. Sekaligus dalam rangka memperingati hari Pahlawan, dalam kegiatan ini Panitia mengusung tema: “Dengan Semangat Kepahlawanan Kita Siap Menjadi Pelajar Tangguh Pendukung Indonesia Maju dan Semakin Sehat.

Kegiatan Kemah Duta Pelajar sangat bermanfaat untuk mendukung prestasi Pelajar, dengan beberapa kegiatan yang dilaksanakan, yaitu: 1) Lomba Pelajar Berprestasi, 2) Lomba  Pidato Bahasa Jawa, 3) Lomba Poster tentang Kepahlawanan Masa Kini, dan 4) Lomba Yel-Yel.  

Dengan mengutus beberapa duta Bantara, Pramuka SMK Negeri 10 Semarang mengikuti bidang lomba yang diselenggarakan. Prestasi yang sangat membanggakan dipersembahkan oleh para duta Bantara SMK Negeri 10 Semarang yang berhasil menyabet beberapa kejuaraan, yaitu:

  1. Zakiatun Nissa Dwi Utami, Kelas X TPK 1: Juara 1 Lomba Pidato
  2. Revalina, Kelas XI TPK 1: Juara 3 Poster Kepahlawanan Masa Kini
  3. Tim Bantara: Juara 3 Yel-Yel
  4. Pramuka Ambalan Dewa Ruci dan Dewi Lanjar SMKN 10 sebagai Juara Umum ke-3

Suatu prestasi yang luar biasa, pasca Pandemi Covid-19. Congratulation!!! Untuk Bantara Pramuka SMK Negeri 10 Semarang. Prestasi yang kalian persembahkan semoga menjadi Lilin-lilin Kecil yang senantiasa bermanfaat bagi sekolah tercinta dan lingkungan sekitar kita.  

Saat penyerahan hadiah kepada para juara, Prof. Dr. Subyantoro, selaku Rektor Universitas Ngudi Waluyo menyampaikan harapan agar kegiatan Kemah Pelajar yang pertama kali ini diselenggarakan bisa menjadi wadah ajang berkumpul dan sharing diantara pelajar-pelajar SMA dan SMK. “Melalui Kemah Pelajar, mampu menghasilkan pelajar-pelajar yang memiliki karakter profil Pancasila yang tangguh, sehat, dan bertanggungjawab”, demikian ungkapan beliau seraya mengakhiri sambutan dengan harapan bisa bertemu kembali dalam Kemah Pelajar di tahun depan. 

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Slamet Adi Purwanto, S.Pd., M.Si., Koordinator Ekstrakurikuler

Editor: Tim Humas